View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MODEL PEMBELAJARAN SYED NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (21.18Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.361Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (273.3Kb)
      ABSTRAK (176.2Kb)
      BAB I (110.8Kb)
      BAB II (290.8Kb)
      BAB III (111.0Kb)
      BAB IV (450.0Kb)
      BAB V (82.22Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (406.2Kb)
      LAMPIRAN (995.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (6.317Mb)
      Date
      2019-07-10
      Author
      ROLANDA, ROLANDA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan mengakaji konsep dan praktik pembelajaran Syed Naquib Al-Attas yang oleh sebagian aktivis pendidikan, pembelajaran yang mengacu pada model pembelajaran tardisionalis sebagaimana Al-Attas dianggap tidak relevan. Untuk praktik pembelajaran yang lebih praktis, penelitian ini merekontruksi praktik pembelajaran Al-Attas dengan model pembelajan kontemporer. Hasil konstruksi tersebut akan dikontesktualisasikan dengan praktik pendidikan di Indonesia untuk mengkaji relevansinya Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivisme, di mana model pembelajaran akan dikontruksi ulang melalui model pembelajaran kontemporer Bruce Joyce dkk. Data penelitian ini diperoleh dari berbagai literatur yang relevan (kualitatif), kemudian disajikan secara deskriptif dengan metode analisis konten (content analiysis) Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran yang digunkan Al-Attas ialah model pembelajaran personal (personal family) yang menekankan aspek kesadaran dan tanggung jawab peserta didik, membangun kemampuan pengembangan personal, pemahaman diri, otonomi dan kesadaran harga diri, (2) Upaya purifikasi tujuan pendidikan Islam oleh Al-Attas di melayu dinilai relevan diterapkan di Indonesia dalam sebagai solusi mengikis dan menghapus praktik komersialisasi pendidikan. Hal ini didasari oleh kesamaan problem di antara keduanya secara historis
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29343
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV