View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERIMAAN PENONTON TERHADAP PERAN LAKI-LAKI DI RANAH DOMESTIK PADA IKLAN KECAP ABC VERSI SUPER BUNDA DAN SUAMI SEJATI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (96.17Kb)
      HALAMAN JUDUL (294.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (305.7Kb)
      ABSTRAK (33.47Kb)
      BAB I (811.3Kb)
      BAB II (710.8Kb)
      BAB III (391.6Kb)
      BAB IV (264.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (265.9Kb)
      LAMPIRAN (597.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (383.4Kb)
      Date
      2019-03-12
      Author
      LARASATI, PUTRI CITRA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian melihat bagaimana penerimaan penonton terhadap sosok laki-laki yang berperan di ranah domestik dalam Iklan Kecap ABC Versi Super Bunda dan Suami Sejati dilihat dari pemaknaan beberapa kelompok informan diantaranya yaitu kelompok perempuan yang memiliki ketertarikan terhadap isu gender atau sensitive terhadap isu gender baik yang sudah berumah tangga ataupun belum berumah tangga, kelompok ibu-ibu rumah tangga, dan kelompok laki-laki yang memiliki kesibukan di ranah publik. Iklan ini menampilkan adegan laki-laki yang berperan di ranah domestik yaitu memasak. Penelitian ini menggunakan kajian khalayak atau metode reception analysis model Stuart Hall encoding-decoding, yang meliputi dominant hegemonic, negotiated position, dan oppositional position. Dengan menggunakan reception analysis, peneliti dapat menemukan hasil penerimaan penonton dari ketiga kelompok khalayak yaitu kelompok perempuan yang memiliki ketertarikan terhadap isu gender atau sensitive terhadap isu gender baik yang sudah berumah tangga ataupun belum berumah tangga, kelompok ibu-ibu rumah tangga, dan kelompok laki-laki yang memiliki kesibukan di ranah publik. Hasil dari penelitian ini menunjukan penerimaan penonton dalam Iklan Kecap ABC Versi Super Bunda dan Suami Sejati meliputi penerimaan penonton terhadap laki-laki yang berperan di ranah domestik digambarkan dengan adegan memasak. Maka hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tiga dari sembilan informan menempati posisi dominant hegemonic karena ketiga informan menerima keseluruhan makna pesan laki-laki yang berperan di ranah domestik yang digambarkan dalam Iklan Kecap ABC Versi Super Bunda dan Suami Sejati. Empat informan lainnya menempati posisi negotiated position karena keempat informan mengkombinasikan pesan peran laki-laki di ranah domestik dalam Iklan Kecap ABC Versi Super Bunda dan Suami Sejati ini dengan pengalaman sosial tertentu yang dialaminya. Dua informan sisanya menempati posisi oppositional position karena kedua informan menolak keseluruhan makna pesan laki-laki yang berperan di ranah domestik yang digambarkan dalam Iklan Kecap ABC Versi Super Bunda dan Suami Sejati.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/29496
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV