View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of International Relations
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of International Relations
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      SRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KULON PROGO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DESA WISATA NGLINGGO TAHUN 2016/2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (103.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (367.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (124.8Kb)
      ABSTRAK (46.69Kb)
      BAB I (394.1Kb)
      BAB II (652.4Kb)
      BAB III (772.3Kb)
      BAB IV (66.96Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (112.9Kb)
      LAMPIRAN (525.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (330.4Kb)
      Date
      2019-08-15
      Author
      SAPUTRO, DWIKI NUGROHO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo aktif mempromosikan pariwisata di daerahnya, termasuk mempromosikan salah satu objek wisata unggulannya yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Desa Wisata Nglinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo untuk meningkatkan jumlah pengunjung Desa wisata Nglinggo. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo dan observasi terhadap objek wisata Desa Wisata Nglinggo, website resmi maupunakun media sosial Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Dokumentasi dilakukan dengan menggali tulisan atau catatan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti, Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, stategi promosi berdasarkan perencanaan sesuai tahun anggaran. Perencanaan bersifat fleksibel dalam arti tidak detail menunjukkan suatu kegiatan dan waktu pelaksanaannya. Ada empat rencana yang ditetapkan yaitu: peningkatan pengelolaan daya tarik wisata, peningkatan promosi berbasis IT dan efektifitas atraksi wisata, peningkatan jaringan kerjasama pemasaran dan promosi tiap tahun, dan pengembangan jaringan kerjasama pemasaran, promosi dan edukasi pariwisata. Kedua, pelaksanaan strategi promosi dilakukan melalui kerjasama dengan pihak mitra dalam menyelenggarakan event-event wisata, dan iklan di website, media online maupun media sosial guna meningkatkan publisitas. Event seperti Nglinggo Uniquely dan Jogja Tourism Festival 2018. Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo lebih banyak berperan dalam pelayanan dan fasilitasi agar kegiatan event dapat berjalan lancer. Ketiga, promosi oleh Dinas Pariwisata memiliki kekuatan dan kelemahan dilihat dari faktor internal, serta peluang dan ancaman dilihat dari faktor eksternalnya. Faktor internal Nglinggo yaitu keindahan & kekayaan alam, promosi medsos, layanan pemandu wisata merupakan kekuatan dalam promosi. Respon masyarakat lokal dan toko cindera tampak kurang. Di Nglinggo tidak cukup tersedia cindera mata yang khas, kecuali berupa makanan khas seperti geblek, gula aren, dan kopi. Makanan ini pun ada ditemukan di objek wisata lain di kawasan perbukitan Menoreh. Faktor eksternal menunjukkan adanya perubahan minat wisatawan, Perkembangan media sosial, Program bedah menoreh sebagai faktor peluang bagi Nglinggo untuk berkembang, faktor penciptaan lapangan kerja & pendapatan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30013
      Collections
      • Department of International Relations

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV