View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN MELALUI EVENT TOUR DE PRAMBANAN TAHUN 2018

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (72.47Kb)
      HALAMAN JUDUL (81.34Kb)
      ABSTRAK (97.25Kb)
      BAB I (546.5Kb)
      BAB II (384.0Kb)
      BAB III (1.389Mb)
      BAB IV (33.13Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (172.0Kb)
      LAMPIRAN (131.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (376.1Kb)
      Date
      2019-05-22
      Author
      HARYATUN, RIDHA TRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sektor pariwisata sangat mendukung terhadap pendapatan suatu daerah. Hal inilah yang menjadikan setiap daerah berlomba-lomba dalam memajukan potensi pariwisatanya. Terlebih Kabupaten Sleman telah dinobatkan sebagai daerah wisata seribu candi. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Sleman membutuhkan strategi yang tepat dalam mempromosikan destinasi wisatanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi promosi wisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman melalui sebuah event sport tourism, yaitu Tour de Prambanan 2018. Dengan diadakannya suatu kegiatan tersebut, diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisatawan di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 orang yaitu pihak pelaksana event dan penanggung jawab event. Hasil penelitian ini secara garis besar adalah (1) Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menggunakan event sebagai strategi promosi destinasi wisata yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan, yaitu melalui event sport touris Tour de Prambanan 2018, dimana event ini menggabungkan wisata dengan olahraga; (2) Media yang digunakan dalam mempublikasikan event tersebut meliputi iklan (cetak, elektronik, online), publisitas, hubungan masyarakat, penjualan langsung, dan jumpa pers, (3) event Tour de Prambanan membawa pengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan serta semakin terkenalnya obyek wisata yang menjadi lokasi event terutama pada obyek wisata di 12 kecamatan yang menjadi rute kompetisi Tour de Prambanan 2018.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30180
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV