View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI PESANTREN ANAK IBNU TAIMIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 – 2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (334.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (1006.Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (650.1Kb)
      ABSTRAK (335.3Kb)
      BAB I (517.2Kb)
      BAB II (570.0Kb)
      BAB III (420.8Kb)
      BAB IV (943.4Kb)
      BAB V (402.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (243.9Kb)
      LAMPIRAN (1.774Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (460.4Kb)
      Date
      2019-03-06
      Author
      NURUL HANIFAH, SEPTIANI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa signifikan butir soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Arab di kelas VI Pesantren Anak Ibnu Taimiyyah Yogyakarta yang dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi pengecoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel siswa kelas VI Pesantren Anak Ibnu Taimiyyah Yogyakarta. Data yang dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi serta wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan software anates versi 4.10. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa kualitas butir soal ulangan akhir semestes ganjil mata pelajaran bahasa arab untuk kelas VI pesantren anak ibnu taimiyyah rata-rata menunjukan kualitas yang baik. Dilihat dari validitas (56%) dinyatakan signifikan dan (44%) dinyatakan tidak signifikan. Sedangkan pada butir soal uraian (80%) dinyatakan signifikan dan (20%) dinyatakan tidak signifikan. Serta pada butir soal essay (80%) dinyatakan signifikan dan (20%) dinyatakan tidak signifikan. Kualitas soal dilihat dari uji reliabilitas dinyatakan 0.82 untuk butir soal pilihan ganda, 0.87 pada butir soal uraian dan untuk butir soal essay sebesar 0.82. Kualitas soal dilihat dari tingkat kesukaran pada butir soal pilihan ganda sebanyak (12%) yang dinyatakan “mudah”, (68%) yang dinyatakan “sedang” dan 5 butir soal (20%) yang dinyatakan “sukar”. Sedangkan pada butir soal uraian sebanyak (10%) yang dinyatakan “mudah”, (60%) yang dinyatakan “sedang”, dan (30%) yang dinyatakan “sukar”. Serta pada butir soal essay (100%) yang dinyatakan “sedang”. Kualitas soal dilihat dari tingkat daya pembeda dan fungsi pengecoh pada butir soal pilihan ganda sebanyak (12%) yang dinyatakan “baik sekali”, (32%) dinyatakan “baik”, (16%) dinyatakan “sedang”, (20%) dinyatakan “jelek” dan (20%) dinyatakan “jelek sekali”.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30205
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV