ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN APOTEK X DI BANTUL
Abstract
Kesehatan merupakan hal utama untuk membantu mengoptimalkan kesehatan, masyarakat bisa menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah ada. Menurut UU No. 36 tahun 2009, fasilitas pelayanan kesehatan merupakan suatu alat atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan. Terkait hal tersebut dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen apotek x di bantul. Sehingga dapat memberikan evaluasi kedepannya menjadi lebih baik terkait kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen apotek x di bantul. Penelitian ini termasuk metode penelitian non-eksperimental secara deskriptif dan melakukan interaksi langsung antara penelitian dengan responden. Sampel konsumen apotek menggunakan metode non probability sampling yang sasaran atau sampel telah di tentukan dengan syarat tertentu. Kriteria sampel konsumen pernah berkunjung ke apotek x minimal lebih dari 1 kali, membeli obat dengan resep ataupun non resep, berumur 18-60 tahun, bisa berkomunikasi dan membaca dengan baik. Analisis data menggunakan Microsoft office exel 2013 dan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini mengunakan sampel sebanyak 317 responden apotek untuk kualitas pelayanan dengan presentase 97,23% sedangkan untuk hasil kepuasan konsumen sebesar 99,86%. Kesimpulan penelitian ini untuk pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen apotek x di bantul terkategorikan baik dan menunjukan ada pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan di keseluruhan faktor terhadap kepuasan konsumen