Show simple item record

dc.contributor.authorArifin, Nur Aziz
dc.date.accessioned2019-12-10T07:28:04Z
dc.date.available2019-12-10T07:28:04Z
dc.date.issued2019-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30855
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut; (1) untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan kecerdasan emosional siswa era digital, (2) mendeskripsikan apa saja bentuk perkembangan prilaku siswa era digital (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat perkembangan kecerdasan emosional siswa era digital. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan obyeknya adalah dua sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 4 dan SMA Negeri 5 Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, kemudian menarik kesimpulan dan yang terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi yang terbagi menjadi menjadi tiga yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Penelitian ini menunjukan bahwasannya dua sekolah ini bila dipaparkan sebagai berikut: (1) perkembangan kecerdasan emosional siswa di era digital yang mencangkup lima aspek yakni aspek kesadaran diri, mengelola emosi, motivasi diri, empati dan aspek menjaga relasi saat ini cukup baik akan tetapi masih perlu adanya peningkatan lagi terutama dalam hal interaksi sosial. (2) dampak perkembangan kecerdasan emosional siswa di era digital saat ini yang cendrung berat kepada alat digital yang digunakan. (3) faktor pendukung dan penghambat perkembangan kecerdasan emosional siswa di era digital. Faktor pendukung yaitu disipilin tepat waktu, senyum sapa salam sopan santun, shalat berjamaah, guru, siswa, sarana dan prasarana, lingkungan religious, organisasi sekolah, tempat tinggal siswa.sedangkan faktor penghambatnya meliputi tidak disipilin tepat waktu, tidak mengikuti tadarus Al-qur’an dan shalat berjamaah, adanya prilaku tidak terpuji, siswa yang bermasalah, keterbatasan waktu, penggunaan hp yang kurang bijak, dan tempat tinggal siswa.en_US
dc.description.abstractThe objective of this research is to elaborate on the followings; (1) to describe how the development of student emotional intelligence in the digital era, (2) to describe the types of student behavior development in the digital era (3) to describe the supporting and inhibiting factors of student emotional intelligence development in the digital era. The type of this research was descriptive qualitative whose objects were consisting of two schools namely SMA Muhammadiyah 4 and SMA Negeri 5 Yogyakarta. Whilst the data gathering in this research was done through observation, interview, and documentation. The data analysis techniques used in the research were data reduction, data display, conclusion making and finally data validity test using triangulation which was divided into three; those were technique triangulation, source triangulation, and time triangulation. The research showed that both schools could be elaborated as the following: (1) student emotional development covered five aspects, namely self-awareness, emotion management, selfmotivation, empathy and self-protection which all were adequately good although some improvements were still needed especially in the area of social interaction. (2) The student emotional intelligence in the digital era was very likely to be affected by the digital tools they were using. (3) There were some supporting and inhibiting factors of student emotional intelligence in the digital era. The supporting factors were punctuality, polite and friendly greeting, congregational prayer, teacher, student, facilities and infrastructure, religious environment, school organization, students’ habitat. Whereas the inhibiting factors were lack of punctuality, lack of participation in Qur’an recitation and congregational prayer, improper conduct, troubled student, time constraint, unwise use of mobile phone, and student’s habitat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectemotional intelligenceen_US
dc.subjecttypes of behavioren_US
dc.titleKECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI ERA DIGITAL (Studi Terhadap Siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record