Show simple item record

dc.contributor.authorFahlevie, Iqbal Rezza
dc.date.accessioned2019-12-10T07:34:01Z
dc.date.available2019-12-10T07:34:01Z
dc.date.issued2019-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30856
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi keluarga muslim dan kesulitan yang muncul dalam proses pembinaan religiusitas anak, serta menemukan pola pembinaan religiusitas anak dalam keluarga muslim. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan secara simultan dengan proses pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman. Langkah-langkah dalam kegiatan analisis data meliputi: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Hasil penelitian ini adalah: (1) kondisi psikologi keluarga muslim (orang tua) yang terjadi dalam keluarga adalah mengalami trauma psikis dan kekecewaan dalam berumah tangga (keluarga single parent), kondisi kemiskinan; dan jarak lokasi perkerjaan yang jauh dengan keluarga. (2) kesulitan-kesulitan yang muncul dalam proses pembinaan religiusitas anak meliputi kurangnya kebersamaan orang tua dan anak, adanya pegaruh lingkungan sekitar dan pergaulan teman sebaya, serta tidak adanya sesosok ayah sebagai panutan dalam keluarga. (3) pola pembinaan religiusitas anak di dalam keluarga muslim yang lazim diterapkan adalah: (1) pola pembinaan demokrasi (2) pola pembinaan otoriter (3) pola pembinaan permisif.en_US
dc.description.abstractThis research aims to determine the condition of Muslim family psychology and the difficulties that arise in the process of formation of children's religiality, and to find a pattern of formation of children's religiality in Muslim families. The author uses qualitative research with an ethnographic approach. Data collection is done by observation techniques, interviews, and documentation. Qualitative data analysis in this study is done simultaneously with the data collection process. The anlysis of data used in this research is the Analysis Interactive Model of Miles and Huberman. The steps in data analysis activities include data collection, data reduction, data presentation (display data), and conclusion or verification (conclutions). The results of this research are: (1) The psychological condition of the Muslim family (parents) that occur in the family is to experience psychic trauma and disappointment in a married (single parent), poverty condition; and distance to the location of a distant work with the family. (2) The difficulties that arise in the process of development of children's religiality include the lack of the togetherness of parents and children, the presence of environmental and peer associations, and the absence of a father as a role model in the family. (3) The pattern of formation of child religiality in a Muslim family that is commonly applied is: (1) Pattern of Coaching Democracy (2) pattern of authoritarian coaching (3) pattern of permissive coaching.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectbimbingan pembinaanen_US
dc.subjectreligiusitasen_US
dc.subjectkeluarga muslimen_US
dc.titlePOLA PEMBINAAN RELIGIUSITAS ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (STUDI KASUS DI KAMPUNG KESISIH DESA BANGUNSARI, PAGERUYUNG, KENDAL, JAWA TENGAH)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record