View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TAFSIR AL-AZHAR BUYA HAMKA (Telaah al-Qur’an Surah Al Hujurat Ayat 11-13)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (272.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (568.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (514.8Kb)
      BAB I (398.1Kb)
      BAB II (341.0Kb)
      BAB III (289.5Kb)
      BAB IV (547.4Kb)
      BAB V (857.4Kb)
      BAB VI (372.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (402.4Kb)
      LAMPIRAN (178.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (833.5Kb)
      Date
      2019
      Author
      SURYA, MUHAMMAD TAUFIK NUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir alAzhar Buya Hamka, (2) mengetahui dan menganalisis konsep pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir al-Azhar Buya Hamka, (3) mengetahui dan menganalisis praktik pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir al-Azhar Buya Hamka. Jenis penelitian ini tergolong kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menelaah, mencari dan memilah dari berbagai literasi yang berkaitan dengan skripsi ini. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Tafsir al-Azhar Buya Hamka surah al-Hujurat ayat 11-13 yaitu larangan mengolok-olok, berburuk sangka, mengghibah atau menggunjing, mengakui persamaan derajat (egaliter), nilai toleransi dan kerukunan. 2) konsep pendidikan multikultural dalam Tafsir al-Azhar Buya Hamka al-Qur’an surah alHujurat ayat 11-13 yaitu menjauhkan diri dari sikap atau perbuatan mengolok-olok terhadap orang lain, berprasangka buruk, mencari-cari dan menyebarkan kesalahan atau aib orang lain (tajassus), menggunjing (ghibah). 3) praktik pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 yaitu setiap manusia hendaknya menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat mengakibatkan perpecahan. Manusia ditekankan untuk melakukan ishlah atau perbaikan terhadap saudaranya, kemudian hendaknya manusia harus lebih kenal-mengenal tanpa memandang status sosial, ekonomi, latar belakang dan semacamnya, supaya dengan itu akan menciptakan suatu hubungan yang dekat dan menjalin persaudaraan dalam kebaikan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30967
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV