PROPOSAL PENELITIAN DOSEN PEMULA
Abstract
Fitur interaktifitas pada media sosial memunculkan aspek krusial dalam era user generated content, dimana pengguna internet berperan sebagai produsen sekaligus konsumen konten media, khususnya media sosial dan media digital yang mengalami pertambahan pengguna setiap tahunnya.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektifitas operasionalisasi akun Instagram @UMYogya dan akun Twitter @UMYogya sebagai sumber informasi akademik para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu sendiri. Peneliti akan melakukan analisis terhadap sejumlah konten unggahan akun @UMYogya, pada periode kuartal ketiga dan keempat tahun 2019, yang merupakan periode perkuliahan aktif semester gasal tahun akademik 2019-2020, serta kuartal kedua tahun 2020, yang merupakan periode perkuliahan aktif semester genap tahun akademik 2019-2020, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini berupaya mendeskripsikan proses analisis data menggunakan piranti social media analytics untuk memperoleh data berdasarkan kata kunci spesifik atau topik yang sedang tren, unggahan yang menjadi topik viral, persebaran/distribusi konten media sosial dan menyajikan data tersebut pada grafik dan angka statistik, serta menyajikan tingkat efektifitas akun Instagram dan Twitter @UMYogya secara deskriptif kualitatif.