View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (144.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (424.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (655.2Kb)
      ABSTRAK (110.5Kb)
      BAB I (111.5Kb)
      BAB II (450.9Kb)
      BAB III (449.4Kb)
      BAB IV (521.6Kb)
      BAB V (112.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (210.2Kb)
      LAMPIRAN (1010.Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (891.4Kb)
      Date
      2020-01-04
      Author
      REZKY MAUREZKY, MUHAMMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kinerja suatu simpang merupakan faktor utama dalam menentukan penanganan yang paling tepat untuk mengoptimalkan fungsi simpang. Kota Yogyakarta memiliki pertumbuhan penduduk yang meningkat setiap tahunnya atau dengan kata lain semakin banyak penduduk yaitu semakin berdampak juga pada sistem transportasi di daerah tersebut. Persimpangan pada jalan yang ada di Kota Yogyakarta tidak sepenuhnya simpang bersinyal, ada juga simpang yang tidak bersinyal sehingga mengakibatkan kemacetan pada simpang itu sendiri. Maka penelitian ini menganalisis tentang simpang tak bersinyal pada jalan Godean – Jalan Tambak – Jalan Soragan, Kecamatan Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang tak bersinyal berupa nilai kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian dan mencari solusi untuk memecahkan permasalahan pada simpang tersebut dengan menggunakan metode MKJI 1997. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai kapasitas 2789,895 smp/jam, nilai derajat kejenuhan 1,358, nilai tundaan -329,761. Untuk meningkatkan kinerja simpang dilakukan alternatif 1 dengan memasang rambu wajib belok kiri untuk arah Utara dan Selatan. kemudian pada alternatif 2 dengan memasang rambu wajib belok kiri dari arah Utara. Sedangkan untuk arah selatan dilakukan sistem satu arah yang dapat dilalui dari arah Timur. Kemudian untuk jalan dari arah Barat dan Timur hanya dapat belok kiri dan lurus. Pada alternatif 3 memasang rambu wajib belok kiri untuk jalan dari arah Utara dan Selatan. Kemudian diberlakukan larangan belok kanan dari arah Barat ke Selatan. Pada alternatif 4 memasang rambu wajib belok kiri untuk arah Utara. Sedangkan untuk arah selatan dilakukan sistem satu arah yang dapat dilalui dari arah Barat dan Timur. Perbaikan simpang pada alternatif 5 yaitu dengan memasang rambu wajib belok kiri untuk jalan dari arah Utara. Sedangkan untuk jalan arah selatan dilakukan sistem satu arah yang dapat dilalui dari arah Barat dan Timur. Dilihat dari kondisi lingkungan, alternatif ke 5 yang paling memungkinkan untuk diterapkan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31230
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV