View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGUASAAN MUFRADHAT BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP IT BINA UMAT TAHUN AJARAN 2018/2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (262.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.049Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (721.8Kb)
      ABSTRAK (507.4Kb)
      BAB I (758.2Kb)
      BAB II (925.7Kb)
      BAB III (992.6Kb)
      BAB IV (1.149Mb)
      BAB V (637.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (752.7Kb)
      LAMPIRAN (1.148Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (886.7Kb)
      Date
      2019-11-13
      Author
      AZZAH ZUHDIYAH, NISA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini membahas tentang keefektifan media audio visual dalam penguasaan Mufradat Bahasa Arab pada siswi kelas VIIB di SMP IT Bina Umat tahun ajaran 2018-2019 sejumlah 39 siswi. Fokus kajian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari sebuah media audio visual untuk penguasaan mufradat dan respon siswa terhadap media terseebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sehingga dalam penelitian ini subjek penelitian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretest-postest control group design). Teknik pengumpulan data berdasarkan pada tes dan angket. Hasil data diolah secara statistik dengan menggunakan Uji Mann Whitney (sebagai alternatif dari uji independen sample t-test karena penelitian tidak berdistribusi normal/homogen) dan Uji Normalized Gain untuk mengetahui signifikasi penguasaan kosakata kedua kelompok penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh Asym. Sig. <0,05 hipotesis diterima dan Asym. Sig. >0,05 hipotesis ditolak, maka ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan ratarata yang diperoleh melalui normalized gain pada kelas eksperimen adalah 79,6. Angka tersebut menunjukkan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual termasuk dalam kategori efektif. Sedangkan pada kelas kontrol juga memiliki kriteria keefektifan sebesar 38,8 termasuk dalam kategori tidak efektif. Berdasarkan hasil analisis angket, respon siswa mengenai media audio visual yaitu, media audio visual sangat menyenangkan, sangat membuat semangat, mempermudah, dan efektif dalam penguasaan mufradat Bahasa Arab.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31274
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV