View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI MAAHAD TAHFIZ INTEGRASI MADINATUL HUFFAZ MALAYSIA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (71.14Kb)
      HALAMAN JUDUL (559.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (126.3Kb)
      ABSTRAK (198.7Kb)
      BAB I (330.0Kb)
      BAB II (447.5Kb)
      BAB III (167.3Kb)
      BAB IV (368.2Kb)
      BAB V (201.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (211.8Kb)
      LAMPIRAN (1010.Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (381.7Kb)
      Date
      2019-12-11
      Author
      ZAHRA, SRI TAZKIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Maahad Tahfiz Integrasi Madinatul Huffaz Malaysia, mengetahui metode menjaga hafalan Al-Qur’an agar tidak mudah hilang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses menghafal Al- Qur’an para santri. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi yang digunakan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Maahad Tahfiz Integrasi Madinatul Huffaz adalah: pengulangan ayat demi ayat hingga hafal, mendengarkan bacaan Qur’an melalui orang lain atau kaset dengan cara ikut menirukan hingga hafal, menghafal dengan cara memahami terlebih dahulu isi kandungan atau arti dari ayat yang akan dihafal, serta dengan cara menuliskan kata awalan ayat di selembar kertas untuk mempermudah proses menghafal Al-Qur’an. Setelah ayat-ayat Al-Qur’an dihafal, santri wajib menjaga hafalannya dengan cara disetorkan kepada guru Al-Qur’an setiap hari sebanyak 4 halaman. Selanjutnya hasil dari menghafal Al-Qur’an tersebut santri memiliki hafalan sebanyak 30 juz dalam waktu 3 tahun. Faktor pendukung menghafal Al-Qur’an antara lain: niat yang tulus karena Allah, dukungan dari orang tua, lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: tidak bisa istiqomah dalam menghafal, terkadang masih suka melakukan perbuatan maksiat atau dosa, pengaruh suasana lingkungan yang kurang kondusif untuk melakukan proses menghafal Al-Qur’an.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31404
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV