STRATEGI JEPANG MENGGUNAKAN MUSLIM FRIENDLY UNTUK MENARIK WISATAWAN MUSLIM (2013-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan apa saja alasan dari Jepang dalam menerapkan halal tourism di negaranya pada tahun 2013-2018. Halal tourism merupakan konsep baru dalam industri pariwisata, banyak negara di dunia yang menyadari pasar halal ini adalah pasar yang menjanjikan bagi perekonomian negara. Jepang sebagai negara yang ingin menjadikan industri pariwisata sebagai motor penggerak perekonomian, berusaha berinovasi dalam bidang pariwisatanya, Jepang menerapkan halal tourism karena demi memenuhi tuntutan dari masyarakat Muslim Jepang dan agar memenuhi kebutuhan wisatawan asing Muslim yang datang ke Jepang, selain itu, agar Jepang dapat terus menarik wisatawan asing Muslim yang memiliki potensi besar bagi perekonomian negara ini. Tidak hanya halal tourism, kebijakan yang dapat mendukung agar wisatawan asing Muslim datang ke Jepang adalah Jepang membebaskan visa bagi beberapa negara di Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Indonesia yang di mana mayoritas penduduknya adalah beragama Islam