dc.contributor.author | ISMAIL, GHOFFAR | |
dc.contributor.author | NURWANTO, NURWANTO | |
dc.date.accessioned | 2016-09-28T01:41:46Z | |
dc.date.available | 2016-09-28T01:41:46Z | |
dc.date.issued | 2010 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3153 | |
dc.description | Tujuan penelitian ini adalah ingin menguraikan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) yang termuat dalam materi Penddidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Yogyakarta, yakni: SMA Negeri 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mengungkap aspek pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI yang berwawasan hak-hak asasi manusia yang sangat mungkin dilakukan.
Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reserach and Development) yang akan menghasilkan produk berupa rancangan pengembangan materi PAI berwawasan HAM di tingkat SMA. Penelitian diawali dengan tahap analisis deskriptif-kualitatif yang dimulai dengan kajian atas pernyataan-pernyataan tekstual dan maknanya (content analysis) dari suatu materi atau bahan ajar yang digunakan guru.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai HAM yang terdapat dalam materi agama Islam meliputi; 1) hak persamaan dan kebebasan; 2) hak perlindungan diri; 3) hak kehormatan pribadi; 4) hak berkeluarga; 5) hak mendapatkan pendidikan; 6) hak kebebasan berpendapat; 7) hak kebebasan beragama; dan 8) hak memperoleh perlakuan sama. Sementara pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI harus dilakukan oleh pihak yang berkepentingan, seperti pemerintah, Muhammadiyah, pemerhati pendidikan dan para guru dengan pendekatan berdasarkan materi. Beberapa isi materi perlu diperkaya dengan uraian dan contoh yang berkaitan dengan standar kompetensi pada permendiknas dan isu HAM. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah ingin menguraikan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) yang termuat dalam materi Penddidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Yogyakarta, yakni: SMA Negeri 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mengungkap aspek pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI yang berwawasan hak-hak asasi manusia yang sangat mungkin dilakukan.
Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reserach and Development) yang akan menghasilkan produk berupa rancangan pengembangan materi PAI berwawasan HAM di tingkat SMA. Penelitian diawali dengan tahap analisis deskriptif-kualitatif yang dimulai dengan kajian atas pernyataan-pernyataan tekstual dan maknanya (content analysis) dari suatu materi atau bahan ajar yang digunakan guru.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai HAM yang terdapat dalam materi agama Islam meliputi; 1) hak persamaan dan kebebasan; 2) hak perlindungan diri; 3) hak kehormatan pribadi; 4) hak berkeluarga; 5) hak mendapatkan pendidikan; 6) hak kebebasan berpendapat; 7) hak kebebasan beragama; dan 8) hak memperoleh perlakuan sama. Sementara pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI harus dilakukan oleh pihak yang berkepentingan, seperti pemerintah, Muhammadiyah, pemerhati pendidikan dan para guru dengan pendekatan berdasarkan materi. Beberapa isi materi perlu diperkaya dengan uraian dan contoh yang berkaitan dengan standar kompetensi pada permendiknas dan isu HAM. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | MATERI AGAMA ISLAM, HAK ASASI MANUSIA SMA MUHAMMADIYAH 1 DI YOGYAKARTA | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MATERI AGAMA ISLAM BERWAWASAN HAK ASASI MANUSIA (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 DI YOGYAKARTA) | en_US |
dc.type | Working Paper | en_US |