View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STUDI KRITIS KONSEP KECERDASAN MAJEMUK DALAM KURIKULUM PAI 2013 PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.33Kb)
      HALAMAN JUDUL (339.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (137.2Kb)
      INTISARI (83.24Kb)
      BAB I (218.5Kb)
      BAB II (513.1Kb)
      BAB III (96.24Kb)
      BAB IV (763.1Kb)
      BAB V (88.25Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (223.9Kb)
      LAMPIRAN (644.1Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (623.1Kb)
      Date
      2019-12-11
      Author
      ABP, M Risydan
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dimensi dan implementasi pembelajaran kurikulum PAI 2013 pada tingkat Sekolah Dasar berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) Dimensi Kecerdasan majemuk dalam kurikulum PAI 2013 tingkat Sekolah Dasar dapat dilihat melalui: (1) Kompetensi Inti yang meliputi kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi spiritual mengandung jenis kecerdasan eksistensial. Kompetensi sosial mengandung jenis kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Kompetensi pengetahuan mengandung jenis kecerdasan logis-matematis, kecerdasan linguistik, kecerdasan musikal, kompetensi keterampilan mengandung jenis kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan naturalis. (2) Pendekatan saintifik yang meliputi urutan logis berupa menagamati menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran dalam kecerdasan majemuk serta alternatif pendekatan berbasis saintifik seperti Inquiry based Learning, Collaborative dan Cooperative Learning, Integrated Learning. (3) Penilaian autentik berupa penilaian sikap yang terdiri dari observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, jurnal dan wawancara, penilaian pengetahuan yang terdiri dari penilaian tes tertulis, tes lisan dan penugasan, dan penilaian keterampilan yang terdiri dari penilaian unjuk kerja, proyek , portofolio dan produk. b) Implementasi konsep kecerdasan majemuk dalam pembelajaran PAI kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan cara: (1) Mengenali kecerdasan majemuk peserta didik, (2) Mempersiapkan draf pembelajaran PAI kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Dasar yang meliputi: Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, fokus pada topik, menentukan pendekatan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, (3) Menentukan model penilaian pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, (4) Menentukan model pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada kurikulum PAI 2013 tingkat Sekolah Dasar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31585
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV