View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 DAN PTV VISSIM (Studi Kasus Simpang Empat Bersinyal Gemangan, Sinduadi, Sleman, Yogyakarta)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (203.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.335Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (59.61Kb)
      INTISARI (341.2Kb)
      BAB I (576.2Kb)
      BAB II (704.9Kb)
      BAB III (7.971Mb)
      BAB IV (2.150Mb)
      BAB V (417.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (290.7Kb)
      LAMPIRAN (572.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (2.687Mb)
      Date
      2020-01-17
      Author
      CANDRA, FRENGKI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Persaingan bidang teknologi yang pesat serta meningkatnya angka pertumbuhan dan mobilitas masyarakat khususnya dibidang tranportasi merupakan faktor inti yang mempengaruhi sistem kinerja lalu lintas, sehingga menumpuknya volume kendaraan atau kemacetan. Sebagaimana kasus kemacetan pada simpang empat bersinyal Gemangan, Sleman, Yogyakarta. Sistem pelayanan sinyal pada simpang tersebut masih menggunakan cara manual searah jarum jam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa, mengevaluasi, dan memodelkan sebagaimana kinerja pada simpang tersebut. Metode yang digunakan dalam mengkaji permasalahan ini dengan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan pemodelan software PTV VISSIM Student Version, data yang digunakan yaitu volume jam puncak. Hasil analisis metode MKJI 1997 kondisi eksisting yaitu nilai arus lalu lintas total (Qtot) = 3101 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 1,025, panjang antrian (QL) = 326 meter, tundaan (D) = 271 det/smp. Hasil pemodelan software PTV VISSIM kondisi eksisting yaitu panjang antrian (Qlen) = 143,5 meter, tundaan (VEHdelay) = 170,0 detik, dan tingkat pelayanan (Level of Service) = LOS F atau sangat buruk. Dengan hasil kondisi eksisting tersebut maka direncanakan alternatif guna memperbaiki kinerja simpang yaitu alternatif 1 perancangan ulang waktu siklus dan alternatif 2 penambahan lebar efektif dan perancangan ulang waktu siklus. Perencanaan alternatif tersebut diterapkan pada kedua acuan MKJI 1997 dan PTV VISSIM.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31608
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV