View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH MUHAMMADIYAH BERKEADILAN GENDER DI KECAMATAN KASIHAN BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      research full text (1.044Mb)
      Date
      2015-02-20
      Author
      Madjid, Abd.
      Khilmiyah, Akif
      SYAMSUDIN, SYAMSUDIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ini bertujuan: mengevaluasi implementasi manajemen kepemimpinan transformasional kepala sekolah Muhammadiyah, mengidentifikasi ketidakadilan gender yang terdapat dalam kepemimpinan transformasional kepala sekolah Muhammadiyah, dan mengkaji penilaian guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah Muhammadiyah berkeadilan gender . Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif ekspos facto.lokasi penelitian ini di sekolah-sekolah Muhammadiyah se kecamatan Kasihan Bantul. Subyek penelitian ini terdiri dari 9 kepala sekolah Muhammadiyah dan 111 guru sekolah Muhammadiyah, meliputi SMA Kasihan, SMP Kasihan, MTs Kasihan, SD Senggotan, SD Kembaran, SD Tamantirto, SD Ambarbinangun, MI Jogonalan, SD Mrisi.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data, digunakan angket, observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan statistik deskriptif untuk mengevaluasi pelaksanaan kepemimpinan transformasional, sedangkan untuk menganalisis ketidakadilan gender digunakan model analisis gender dari Harvard University, yang meliputi 4 hal, yaitu: kegiatan, akses, kontrol, dan manfaat. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) Kemampuan kepala sekolah Muhammadiyah dalam mengimplementasikan model kepemimpinan transformasional, masih tergolong cukup. (2) Manifestasi ketidakadilan gender yang terdapat dalam kepemimpinan transformasional kepala sekolah Muhammadiyah menunjukkan masih adanya pandangan subordinat, stereotype, kekerasan, marginalisasi serta peran ganda yang dilakukan kepala sekolah terhadap para guru dan karyawan perempuan. (3) Penilaian guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah Muhammadiyah berkeadilan gender se Kecamatan Kasihan Bantul menunjukkan bahwa dimensi yang sudah baik adalah dimensi kharismatik dan pertimbangan individual, sedangkan dimensi motivasi inspirasi masih termasuk kategori sedang, dan dimensi stimulasi intelektual masih tergolong rendah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3173
      Collections
      • JURNAL

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV