View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • JURNAL
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DAN AKHLAK MULIA SISWA SEKOLAH DASAR DI DIY

      Thumbnail
      View/Open
      research full text (1.767Mb)
      Date
      2014-11
      Author
      KHILMIYAH, AKIF
      HAPSARI, TWEDIANA BUDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan Social and Emotional Learning (SEL) dalam meningkatkan pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa Sekolah Dasar di Propinsi DIY. Guna mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap selama tiga tahun. Tujuan khusus yang ingin dicapai, yaitu: (1) Memperoleh profil tentang pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru-guru PAI Sekolah Dasar di Propinsi DIY dalam mengembangkan pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (2) Menyusun deskripsi kebutuhan tentang pembelajaran PAI di sekolah dasar dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa; (3) Mengembangkan rancangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL untuk membentuk karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (4) Melaksanakan uji coba dan uji validasi rancangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL; (5) Mengembangkan produk model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (6) Mengevaluasi terhadap kelebihan dan kelemahan serta efektivitas model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar di Propinsi DIY; (7) Mengembangkan sekolah model yang menerapkan pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL sebagai sekolah percontohan; (8) Merumuskan rekomendasi untuk perbaikan kebijakan dalam kurikulum PAI di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang dirancang dalam tiga tahapan, yaitu: (1) Studi pendahuluan untuk mengembangkan rancangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL untuk membentuk karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (2) Pengembangan untuk menghasilkan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL; (3) Diseminasi untuk mengimplementasikan efektivitas model pembelajaran tersebut di sekolah dasar. Hasil penelitian pada tahun kedua ini adalah (1) Modul pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL. Mengajak guru untuk mahir dalam memadukan nilai-nilai target karakter ke dalam materi pembelajaran sehingga sesuai dengan pencapaian kompetensi bidang studi PAI dan mampu membentuk karakter siswa. Pemilihan strategi pembelajaran untuk pembentukan karakter dan akhlak, harus didukung dengan upaya menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, aktif, kreatif, bertanggungjawab, dan saling bekerjasama. (2) Penerapan budaya pendidikan karakter di SD, dilaksanakan melalui empat pola yakni: pembelajaran di kelas, pembiasaan rutin dalam kegiatan sekolah, keteladanan dalam menjaga ketertiban, dan kegiatan keagamaan. (3) Hasil implementasi pembelajaran PAI dengan menggunakan SEL dapat efektif merubah perilaku karakter dan akhlak siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3185
      Collections
      • JURNAL

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV