View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TARIKH

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (167.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.581Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (317.7Kb)
      ABSTRAK (148.8Kb)
      BAB I (165.6Kb)
      BAB II (372.6Kb)
      BAB III (96.94Kb)
      BAB IV (247.3Kb)
      BAB V (85.35Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (158.3Kb)
      LAMPIRAN (1.857Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (756.8Kb)
      Date
      2020-01-09
      Author
      MARINDA, AFLIA BELA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program literasi yang telah di terapkan di SMP Muhammadiyah Kasihan dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat literasi sekolah. Program literasi diterapkan di SMP Muhammadiyah Kasihan memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pihak yang diwawancara adalah Wakil Kurikulum, guru Tarikh, dan siswa kelas VII A, B, C, dan D dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang penulis lakukan mengarah pada kesimpulan yaitu: 1) program literasi yang diterapkan di SMP Muhammadiyah Kasihan ialah selama 10 menit pada awal pembelajaran setelah itu dilanjutkan dengan siswa mengulas kembali serta menjawab pertanyaan dari guru terkait buku yang telah dibaca. 2) faktor pendukung dan penghambat program literasi, faktor pendukung gerakan Pendukung program literasi ini ialah ketika guru menyesuaikan waktu untuk diberikan kepada siswa agar dapat membaca buku di awal pembelajaran sehingga siswa dapat membaca buku setelah itu mengulas kembali isi bacaan mereka, kurikulum yang di pakai telah sesuai dalam mendukung program literasi. Sedangkan Faktor penghambat nya adalah siswa terlambat dan lupa membawa buku yang telah di bagikan oleh guru.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31852
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV