KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI RELAWAN DALAM MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR ANAK
Abstract
Komunikasi antarpribadi adalah proses komunikasi yang dianggap paling efektif untuk menerapkan suatu pendekatan dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satunya adalah komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh relawan dalam memotivasi semangat belajar anak di Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Tujuan penilitian ini adalah (1) Untuk memahami komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh relawan dalam memotivasi semangat belajar anak pada SALAM (sanggar anak alam) Yogyakarta.(2) Untuk memahami faktor yang mempengaruhi pendukung dan penghambat relawan terhadap anak didik SALAM (sanggar anak alam) Yogyakrata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Joseph de Vito, dengan pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan,empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi yang diterapkan relawan kepada anak terbukti berperan dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Sanggar Anak Alam. Dari kelima aspek humanistik tersebut, semuanya berhasil diterapkan oleh para relawan ke anak. Hanya saja, dari aspek sikap positif anak kepada para relawan masih kurang baik.