View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      POLITIK BIG DATA DI ERA DISRUPSION (SKEMA KERJA LEMBAGA DATA DALAM MENYEDIAKAN JASA BAGI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (87.28Kb)
      HALAMAN JUDUL (166.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (562Kb)
      INTISARI (31.03Kb)
      BAB I (267.8Kb)
      BAB II (281.2Kb)
      BAB III (276.0Kb)
      BAB IV (40.32Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (141.7Kb)
      LAMPIRAN (540.4Kb)
      JURNAL (199.7Kb)
      Date
      2019-10-09
      Author
      NUGRAHA S, MICHELIA ERYTRHINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pelayanan publik merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, kelompok maupun suatu instansi untuk dapat meberikan kemudahan dan bantuan kepada masyarakat untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam hal ini untuk menunjang pelayanan publik yang lebih baik di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dinas membuat program pelayanan melalui Big Data. Penerapan Big Data bertujuan untuk mengatasi permasalahan pelayanan publik agar dapat merumuskan kebijkan dan perencanaan suatu pengambilan keputusan. Penelitian ini menjelaskan tentang Politik Big Data di Era Distrupsion (Skema Kerja Lembaga Data Dalam Menyediakan Jasa Bagi Pelayanan Publik di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian ini berdasarkan eavaluasi beberapa indikator skema kerja pengelola data yaitu 1) kapasitas data yang belum baik, karena sering terjadi trouble data, pelemahan server dan daya akses pada sitem Big Data. 2) indikator kecepatan data yang sudah baik namun sering terjadi gagal koneksi dan pelemahan sistem pada saat server klient ke server pusat. 3) indikator keragaman data yang dimana data pada tampilan program sudah sangat bagus namun pada segi keragaman data masih sangat minim yang dimana hanya menggunakan satu jenis layanan saja yaitu layanan pengecekan kamar di RSUD Kota Yogyakarta. 4) dari indikator skema kerja lembaga data yaitu jenis data yang digunakan pada sistem Big Data sudah sangat baik karena data yang ada tergolong data terstruktur. 5) tujuan yang dimana tujuan penggunaan Big Data untuk Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yaitu unutk mempermudah penginputan data dan kebutuhan lainya. 6) mekanisme yang dimana menggunakan sistem ETL dengan cara integritas data, manage data dan menganalisa data. 7) indikator hambatan masih sangat lemah karna Dinas Kesehatan kurang dalam memberikan data untuk bisa di analisis dan dievaluasi untuk dijadikan pelayanan keseahatan. Kesimpulan penggunaan Big Data pada Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta terkait pelayanan publik masih belum maksimal dikarenakan kurangnya keberagaman data yang masih satu pelayanan saja yaitu pengecekan ruangan kamar RSUD. Selain itu adanya hambatan terkait minimnya data yang diberikan Dinas Kesehatan serta kurangnya ketersediaan data, kompetensi SDM, privasi data dan infrastruktur penunjang. Maka dari itu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta perlu menambahkan penggunaan Big Data dan berkoordinasi lebih baik dengan lembaga data unutk penyediaan data-data agar pelayanan publik yang ada di Dinas menjadi lebih baik. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan survei/pengukuran kualitatif terhadap tingkat kematangan implementasi teknologi Big Data menggunakan instrument penilaian yang telah dikembangkan oleh TDWI, pada lebih banyak instansi pemerintah. Dengan demikian, didapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang implementasi teknologi Big Data di lembaga pemerintahan Indonesia khusunya Kota Yogyakarta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32025
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV