View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS APLIKASI JELAJAH BANTUL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI DI BIDANG PARIWISATA TAHUN 2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (195.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (544.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (279.8Kb)
      INTISARI (147.5Kb)
      BAB I (555.2Kb)
      BAB II (2.108Mb)
      BAB III (1.651Mb)
      BAB IV (300.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (146.9Kb)
      LAMPIRAN (109.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1008.Kb)
      Date
      2020-01-07
      Author
      ALFIAN, MUHAMMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pada Tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Bantul membentuk sebuah aplikasi berbasis android yang bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi pariwisata di Kabupaten Bantul yaitu aplikasi Jelajah Bantul. Selain untuk mendukung pelaksanaan Bantul Smart City, aplikasi Jelajah Bantul juga dibuat untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi terutama di bidang pariwisata. Untuk itu, penelitian ini akan memfokuskan pada pengukuran efektivitas pelaksanaan aplikasi Jelajah Bantul serta kualitas pelayanan informasi pada aplikasi Jelajah Bantul. Indikator yang digunakan dalam mengukur efektivitas yaitu pencapaian tujuan, dan integrasi. Sedangkan indikator kualitas pelayanan publik menggunakan lima indikator yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitiatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Unit analisa data yang digunakan yaitu Dinas Pariwisata Bantul dan PT Gamatechno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pencapaian tujuan dari lima parameter terdapat dua parameter yang dinilai tidak efektif yaitu sasaran pengguna dan target pencapaian. Pada indikator integrasi terdapat tiga parameter yang mana dua parameter dinilai efektif dan yang satu tidak efektif yaitu sumber daya manusia. Pada indikator adaptasi terdapat dua parameter dimana satu parameter dinilai efektif yaitu sarana dan prasarana, sedangkan pembaharuan strategi dinilai tidak efektif. Ketiga indikator tersebut berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan informasi. Untuk kualitas pelayanan aplikasi dinilai aplikasi Jelajah Bantul menarik dan mudah digunakan. Informasi yang disampaikan juga sudah lengkap.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32049
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV