View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG MELAUI METODE PENULISAN BUKU HARIAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (32.43Kb)
      HALAMAN JUDUL (854.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (446.5Kb)
      INTISARI (285.4Kb)
      BAB I (440.8Kb)
      BAB II (940.1Kb)
      BAB III (859.2Kb)
      BAB IV (293.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (306.4Kb)
      LAMPIRAN (2.062Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (359.9Kb)
      Date
      2020-01-06
      Author
      QOHA, WAKHIDUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk menengetahui (a) Efektifitas Menulis Buku Harian dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang siswa diklat angkatan 99 LPK Globalindo Yogyakarta; (b) respon siswa diklat angkatan 99 terhadap penggunaan buku harian sebagai teknik pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa diklat Globalindo Yogyakarta. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa diklat baru yang baru mempelajari bahasa Jepang, yaitu siswa diklat angkatan 99 sebagai kelas eksperimen sebanyak 8 orang dan siswa diklat angkatan 100 sebagai kelas kontrol sebanyak 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggukanan independent sample ttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,396. Setelah dibandingkan dengan ttabel dengan db = 8 dan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,306 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,396 > 2,306). Maka dapat disimpulkan bahwa pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Kemudian, berdasarkan hasil uji kriteria keefektifan dengan menggunakan Normalized gain diperoleh nilai normalized gain kelas eksperimen (Ngain1) adalah 0,45. Sedangkan nilai normalized gain kelas kontrol (Ngain2) adalah 0,87. Sehingga Ngain1 lebih kecil dari pada dari Ngain2. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi “pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang dengan teknik menulis buku harian efektif dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang siswa diklat angkatan 99 LPK Globalindo Yogyakarta tahun 2019” ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil analisis angket, sebagian besar siswa beranggapan bahwa menulis buku harian mempunyai banyak kelebihan salah satunya dapat membantu mendorong lebih aktif untuk belajar bahasa Jepang
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32093
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV