View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENANGGULANGI PERILAKU BULLYING MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (124.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (326.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (313.2Kb)
      INTISARI (35.85Kb)
      BAB I (180.2Kb)
      BAB II (323.3Kb)
      BAB III (165.9Kb)
      BAB IV (217.1Kb)
      BAB V (81.33Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (89.08Kb)
      LAMPIRAN (349.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (487.1Kb)
      Date
      2020-01-11
      Author
      MAULIDA, IFAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan tindakan perilaku bullying peerta didik yang terjadi, (2) mengetahui pemahaman guru Pendidikan Agama Islam tentang pendidikan karakter dalam menanggulangi perilaku bullying, (3) menganalisis strategi seperti apa yang telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku bullying di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian lapangan, melalui pendekatan kualitatif dengan subyek kriteria penelitian yaitu 2 guru Pendidikan Agama Islam dan 3 siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta sebagai korban bullying. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, model data (data display) dan verifikasi kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Perilaku bullying yang sering terjadi dikategorikan menjadi dua yaitu bullying fisik dan bullying verbal, (2) Program penanggulangan perilaku bullying, yaitu a) Melakukan penerapan pendidikan karakter pada setiap pembelajarannya melalui nilai-nilai karakter yang terdapat pada materi pembelajaran. b) Mengkoneksikan dan mengintergrasikan pendidikan karakter dengan kehidupan sehari-hari siswa. c) Memiliki dampak yang cukup berbeda ketika pendidikan karakter diterapkan dalam menanggulangi perilaku bullying walaupun sedikit perbedaannya. (3) Penanggulangan perilaku bullying di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta oleh guru PAI dengan tahapan yaitu a) Melakukan pertemuan dengan siswa terlebih dahulu secara internal. b) Memberikan pembinaan, bimbingan dan pengawasan kepada siswa secara bertahap. c) Melakukan pemanggilan orang tua ketika permasalahan tersebut sudah besar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32386
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV