Hubungan Antara Tingkat Hafalan Mahasiswa Dalam Program FKIK Menghafal Juz 30 dengan Prestasi Akademik
Abstract
Kegiatan menghafal Al-Qur’an adalah suatu proses mengingat di mana seluruh materi ayat harus diingat secara sempurna, karena itu seluruh proses pengingatan terhadap ayat dan bagian-bagiannya itu mulai dari proses awal hingga pengingatan kembali (recalling) harus tepat. Program FKIK Menghafal telah diberlakukan untuk semua mahasiswa FKIK UMY. Kegiatan Menghafal meliputi saat tutorial (10 menit diawal tutorial mahasiswa membaca/menghafal surah blok berjalan secara bersama-sam dipimpin salah satu mahasiswa pendamping, dosen tutor menyimak), mandiri di luar jam kuliah, setoran hafalan (1 kali seminggu kepada pembimbing/pendamping) dan evaluasi hafalan yang dilakukan di akhir tahun ajaran. Salah satu permasalahan dalam proses menghafal adalah kemungkinan adanya kesalahan dalam memasukkan atau menyimpan akan sulit dalam mengingatnya kembali, atau bahkan sulit ditemukan dalam memori. Pengaplikasian metode muroja’ah merupakan salah satu solusi untuk selalu mengingat hafalan Al-Qur’an kita atau menjaga kelancaran hafalan Al-Qur’an kita, tanpa adanya Muroja’ah maka rusaklah hafalan kita. Penelitian ini akan dilakukan pada proses pembelajaran di Prodi Kedokteran FKIK UMY untuk mengevaluasi hubungan antara tingkat hafalan Mahasiswa dalam program FKIK Menghafal juz 30 dengan prestasi Akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional tentang hubungan tingkat hafalan juz 30 dengan prestasi akademik mahasiswa Prodi Kedokteran FKIK UMY . Pengumpulan data dengan pengambilan data sekunder tingkat hafalan jus 30 mahasiswa pada akhir tahun ajaran yang telah berjalan dan hasil prestasi akademik berupa nilai minikuis tutorial blok yang berjalan. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini adalah terpublikasikannya artikel ilmiah di jurnal terakreditasi nasional.