View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Evaluasi Kurikulum 2014 Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta : Tingkat kepuasan Mahasiswa dan Hasil Belajar

      Thumbnail
      View/Open
      Letter of acceptance JIT dr.Galuh Suryandari (191.7Kb)
      Abstrak JIT dr.Galuh (69.51Kb)
      Date
      2017-05-02
      Author
      suryandari, galuh
      Saputri, Nurul Hafidzah Suria
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Tuntutan penguasaan ilmu biomedis yang lebih dalam dan keterampilan medis dasar menjadi alasan utama perubahan kurikulum kedokteran di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Perubahan besar pada makro, meso dan mikrokurikulum dengan integrasi dan eliminasi topik pembelajaran membawa konsekuensi pada kepuasan dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Kurikulum 2014 dengan hasil belajar. Metode: Penelitian deskriptif analitik dengan responden berjumlah 184 mahasiswa angkatan 2014 dan 2015. Data primer penelitian berasal menggunakan kuesioner tentang kepuasan yang dibuat oleh peneliti sedangkan data sekunder diambil dari Nilai Indeks Prestasi Tahap dan Nilai Ujian Blok. Hubungan antara kedua variabel kemudian dihitung menggunakan rumus Spearman. Hasil: 62,50% responden cukup puas dengan kurikulum 2014. 57,06% responden memiliki Indeks Prestasi Tahap kategori baik. 70,65% responden memiliki nilai ujian blok yang kurang baik. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kurikulum 2014 dengan hasil belajar (nilai Indeks Prestasi Tahap 2015(p = 0.053, r = -0203) dan 2014 (p = 0.083, r = 0182); nilai Evaluasi Belajar 2015 (p = 0054, r = -0202) dan 2014 (p = 0164, r = 0146)) Pembahasan : Sebagian besar mahasiswa merasakan kesesuaian antara harapan dan hasil yang ia terima dari kurikulum 2014. Meskipun demikian tingkat kepuasan mahasiswa tidak menentukan hasil belajarnya secara bermakna. Hal tersebut disebabkan adanya kemungkinan pengaruh jadwal yang cukup padat, tingkat kesulitan materi dan faktor dari dalam diri mahasiswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/33533
      Collections
      • CONFERENCE

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV