PERENCANAAN INFRASTRUKTUR DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA MEMBANGUN WISATA “GEROJOKAN SEWU
Abstract
Kulonprogo memiliki potensi yang sangat tinggi terhadap pengembangan desa wisata, salah satunya berada di dusun Beteng yang memiliki wisata alam Grojokan Sewu. Tempat tersebut memiliki pesona alam yang sangat indah akan tetapi belum memiliki infrastruktur yang baik dan aman sebagai obyek wisata. Disisi lain kurangnya pengetahuan masyarakat sekitar dalam memasarkan obyek wisata ini menjadi kendala besar yang menyebabkan berkurangnya wisatawan yang berkunjung ke desa wisata tersebut. Perencanaan pembangunan infrastruktur terhadap obyek wisata tersebut dan pemasaran melalui digital marketing dipandang sangatlah perlu guna meningkatkan minat wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut. Metode pelaksanaan program ini dilaksanakan dengan cara penyuluhan, fasilitasi peralatan dan transfer teknologi, pelatihan dan praktek aplikasi teknologi, serta pendampingan dan monitoring evaluasi terhadap masyarakat dusun Beteng. Adapun hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya siteplan dan denah objek wisata serta website Grojokan sewu sebagai sarana marketing desa wisata. Sehingga dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Grojokan Sewu, yang berdampak pula terhadap meningkatkan perekonomian warga dusun Beteng.