View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGGUNAAN PORT FUEL INJECTION (PFI) SEBAGAI SISTEM SUPLAI BAHAN BAKAR MOTOR BENSIN DUA-LANGKAH SILINDER TUNGGAL

      Thumbnail
      View/Open
      Main Article (878.2Kb)
      Peer Review (721.1Kb)
      Date
      2013-06-15
      Author
      NURCAHYADI, TEDDY
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Motor bensin dua-langkah memiliki keunggulan berupa power-to-weight ratio yang besar namun di sisi lain juga memiliki kekurangan berupa efisiensi pemakaian bahan bakar yang rendah dan emisi gas buang yang tinggi. Penginjeksian bahan bakar di lubang bilas (port fuel injection, PFI) berpotensi untuk meningkatkan kinerja motor bensin dua-langkah karena dengan penggunaan sistem suplai bahan bakar ini kualitas pengkabutan bahan bakar dan effisiensi volumetris dapat menjadi lebih baik sehingga berakibat pada meningkatnya parameter kinerja yang lainnya. Konversi sistem suplai bahan bakar dari karburator menjadi sistem injeksi PFI dalam penelitian ini dilakukan pada motor bensin dua-langkah ber-silinder tunggal dengan kapasitas mesin 148 cc dan berpendingin air. Engine Control Unit (ECU) sebagai pusat kendali injeksi mengatur durasi dan timing injeksi di berbagai kondisi operasi mesin berdasarkan data masukan dari sensor Top Dead Center (TDC), sensor kecepatan putar mesin, dan sensor posisi throttle saja. Pengujian dilakukan dengan membandingkan kinerja motor ketika menggunakan karburator dengan kinerja motor ketika menggunakan sistem injeksi. Parameter kinerja yang dibandingkan berupa effisiensi volumetris, Specific Fuel Consumption (SFC), Brake Mean Effective Pressure (BMEP), dan effisiensi thermal. Data hasil pengujian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan kondisi ketika menggunakan karburator maka motor uji yang menggunakan sistem injeksi ini mengalami peningkatan effisiensi volumetris rata-rata sebesar 14.17 %, penurunan SFC rata-rata sebesar 0.11 kg/kWh, peningkatan BMEP rata-rata sebesar 211.45 kPa, dan peningkatan effisiensi thermal rata-rata sebesar 4.04 %.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35096
      Collections
      • CONFERENCE

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV