View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI KAMPANYE PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PADA PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (676.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (979.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (708.3Kb)
      BAB I (823.1Kb)
      BAB II (806.1Kb)
      BAB III (1.199Mb)
      BAB IV (867.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (749.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (205.3Kb)
      Date
      2020
      Author
      TRIANGGOROWATI, ERNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pemilihan Umum tahun 2019 merupakan pemilu serentak yang pertama kali dilakukan di Indonesia untuk memilih calon anggota legislatif sekaligus juga memilih calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia untuk periode lima tahun kedepan, sesuai dengan undang-undang no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Terdapat 16 partai politik nasional peserta pemilu serta 4 partai politik lokal. PKS yang diprediksi berbagai lembaga survei di Indonesia tidak akan lolos ambang batas parlemen karena adanya konflik internal partai, akan tetapi pada kenyataannya PKS justru mampu melampaui ambang batas parlemen yakni sebesar 8,62 persen. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi PKS pada pemilihan legislatif tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik library research dengan penggalian sumber datanya diperoleh berdasarkan data kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti mendapatkan hasil mengenai strategi kampanye PKS pada pemilihan legislatif tahun 2019 berdasarkan teori mix marketing (4P) yang terdiri dari empat variabel diantaranya produk, harga, penempatan, dan juga promosi. Pada variabel produk PKS menjual empat program prioritas diantaranya: pemberlakuan SIM seumur hidup, penghapusan Pajak kendaraan motor, penghapusan pajak penghasilan di bawah 8 juta, serta perlindungan Ulama, Tokoh Agama dan juga simbol Agama. Untuk variabel harga, biaya kampanye yang dikeluarkan PKS sebesar Rp. 150 Miliar. Pada variabel penempatan para caleg melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan beragam kegiatan, serta pada variabel promosi PKS melalui publikasi event dan media sosial. Strategi paling menonjol yang digunakan PKS yakni pada variabel promosi yaitu melalui publikasi event yang dilakukan dengan kegiatan flashmob di pinggir jalan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35511
      Collections
      • Department of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV