View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANAJEMEN EVENT “WAYANG JOGJA NIGHT CARNIVAL” DALAM MENINGKATKAN CITY BRANDING YOGYAKARTA SEBAGAI KOTA BUDAYA TAHUN 2018-2019

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (100.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (452.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (97.18Kb)
      ABSTRAK (552.9Kb)
      BAB I (301.2Kb)
      BAB II (365.3Kb)
      BAB III (1.159Mb)
      BAB IV (103.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (168.4Kb)
      LAMPIRAN (342.7Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (363.7Kb)
      Date
      2020
      Author
      SALSABILA, NADIA AZKA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta tanpa membuka destinasi wisata baru, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menyelenggarakan sebuah event budaya yaitu Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Melalui event ini, terdapat budaya “wayang” yang diangkat dan dikreasikan dalam bentuk karnaval. Dinas Pariwisata mengunggulkan budaya wayang yang identik dengan Kota Yogyakarta guna mendukung predikat Yogyakarta sebagai Kota Budaya ASEAN. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen event yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk dapat meningkatkan city branding Yogyakarta sebagai Kota Budaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam serta studi dokumen. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam manajemen event nya, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengkreasikan wayang sebagai budaya yang diangkat. Wayang dimodifikasi baik dari segi penyajian maupun penampilannya menjadi suatu pertunjukan di jalanan yang unik dan sarat akan budaya. Dari hasil manajemen event Wayang Jogja Night Carnival dapat dikatakan bahwa event tersebut sudah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan city branding Yogyakarta sebagai Kota Budaya. Selain itu, pihak Dinas Pariwisata tetap akan meningkatkan kualitas event dan membenahi beberapa catatan yang dirasa masih harus diperbaiki untuk tahun selanjutnya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35521
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV