View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS SIMPANG MENUKAN, YOGYAKARTA)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (393.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (5.260Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (494.6Kb)
      ABSTRAK (1.171Mb)
      BAB I (1.778Mb)
      BAB II (831.2Kb)
      BAB III (5.773Mb)
      BAB IV (3.551Mb)
      BAB V (398.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (281.2Kb)
      LAMPIRAN (18.18Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (2.453Mb)
      Date
      2020
      Author
      AL AKBAR, ZULFIKAR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan daya tarik wisata yang sangat potensial, dan juga perannya sebagai kota pendidikan membuat Yogyakarta banyak dikunjungi oleh masyarakat luar atau bahkan menetap di wilayah Yogyakarta. Kondisi tersebut mempengaruhi jumlah volume lalu lintas, dikarenakan meningkatnya pertumbuhan penggunaan transportasi di jalanan yang semakin tinggi. Meningkatnya volume lalu lintas menyebabkan terjadinya permasalahan pada persimpangan. Salah satu simpang yang memiliki permasalahan yaitu Simpang Menukan Yogyakarta. Di sekitar area simpang terdapat minimarket, SPBU, tempat makan dan pemukiman. Simpang tersebut memiliki lengan yang tidak simetris dan sering terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang pada jam-jam tertentu. Untuk mengetahui tingkat pelayanan simpang pada Simpang Menukan perlu dilakukan analisis kinerja simpang, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan simpang pada kondisi eksisting dan memberikan alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada simpang tersebut. Berdasarkan analisis menggunakan Software PTV Vissim 9 dapat diketahui bahwa nilai tundaan rata-rata sebesar 129,91 detik dan LOS berupa F pada kondisi eksisting. Pada skenario 1 nilai tundaan rata-rata sebesar 79,62 detik dan LOS berupa E sebagai hasil merubah urutan fase pada waktu siklus. Pada skenario 2 nilai tundaan rata-rata sebesar 129,45 detik dan LOS berupa F, dilakukan dengan merubah geometrik jalan pada ruas Jalan Parangtritis. Pada skenario 3 nilai tundaan rata-rata sebesar 92,84 detik dan LOS berupa F, dilakukan dengan memberlakukan jalan satu arah. Berdasarkan hasil analisis pemodelan tersebut maka dapat disimpulkan skenario 1 sebagai alternatif solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Simpang Menukan Yogyakarta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35543
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV