View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Electrical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Electrical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERANCANGAN PENGENDALI MOTOR BRUSHED DIRECT CURRENT 1000 WATT PADA ELECTRIC VEHICLE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.91Kb)
      HALAMAN JUDUL (318.0Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (110.3Kb)
      ABSTRAK (35.39Kb)
      BAB I (19.52Kb)
      BAB II (1.045Mb)
      BAB III (1.048Mb)
      BAB IV (2.694Mb)
      BAB V (54.32Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (60.95Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (749.9Kb)
      Date
      2020
      Author
      NUGRAHA, RAKHA ARDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Mobil listrik menggunakan penggerak berupa motor listrik, dimana penggerak tersebut tidak menghasilkan gas buang, tidak menghasilkan bunyi yang bising, serta ramah lingkungan. Hal tersebut yang mendasari para peneliti untuk terus melakukan riset dan pengembangan baik dari segi efisiensi maupun performa. Salah satu komponen penting dalam mobil listrik yaitu controller atau pengendali motor listrik. Tujuan dari controller tersebut untuk mengendalikan atau mengatur kecepatan motor listrik / motor DC, masukan pada controller berupa resistor variable yang berbentuk throttle. Controller motor DC sudah dipasarkan di Indonesia namun, controller tersebut bersifat permanen artinya tidak bisa dilakukan program ulang sehingga pengendalian kecepatan motor DC tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pada mobil listrik. Penelitian ini merupakan perancangan pengendali motor DC / DC motor controller dengan fungsi dapat reprogramming atau dapat diprogram ulang. Sehingga kurva kecepatan motor DC terhadap persentase putaran throttle dapat diatur sesuai kebutuhan mobil listrik. Hasil dari penelitian ini yaitu DC Motor Controller dengan daya 1000 Watt 48 Volt, pengaturan kecepatan motor DC dilakukan dengan mengubah nilai Pulse Width Modulation (PWM) melalui throttle. Dari hasil pengujian pada mobil listrik Lingsar Proto EV dengan beban total 124,5 Kg, motor DC mengkonsumsi arus maksimal 79,14 A dan dengan kecepatan maksimal 3661 Rpm serta daya sebesar 3.798,72 Watt.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35681
      Collections
      • Department of Electrical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV