View Item 
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IBM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP PENDERITA DIABETES MELITUS

      Thumbnail
      View/Open
      LAPORAN Pengmas IbM LP3M 2015 Prima-Ferika_2.pdf (1.360Mb)
      Pengesahan.pdf (127.4Kb)
      Daftar Hadir Pengmas014.pdf (744.0Kb)
      Date
      2016-07-20
      Author
      PRIMANDA, YANUAR
      INDARWATI, FERIKA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pengabdian masyarakat skema IbM yang diusulkan oleh tim pengusul ini adalah pengabdian masyarakat di bidang kesehatan yang akan dilaksanakan di Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, yang melibatkan warga Ranting Muhammadiyah dan Ranting Aisyiyah Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta yang berfokus pada usaha pemberdayaan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes melitus di wilayah tersebut. Tahapan tahapan dalam program IbM ini dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Pimpinan Ranting Aisyiyah. Tahapan pertama berupa peningkatan spiritualitas yang diisi kegiatan pengajian. Tahap kedua berupa senam bersama yang dipimpin oleh instruktur senam profesional. Tahap ketiga adalah pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah, dan kadar asam urat. Tahap keempat adalah pemeriksaan oleh dokter dan pemberian obat yang bekerjasama dengan PKU Muhammadiyah Gamping. Tahap kelima adalah pemberian edukasi untuk mencegah DM dan komplikasinya serta meningkatkan kualitas hidup. Media yang digunakan dalam program ini meliputi form pemeriksaan kesehatan, leaflet, dan booklet. Metode yang digunakan adalah pemaparan materi, diskusi, dan demonstrasi Produk yang dihasilkan dari program IbM ini meliputi produk jasa dan barang. Produk jasa berupa hasil pemeriksaan kesehatan, peningkatan pengetahuan dan kesehatan penderita DM dan peserta secara umum. Produk barang yang dihasilkan berupa booklet dan leaflet yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi penderita DM untuk melakukan perawatan dirinya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3593
      Collections
      • Report on Community Services

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV