Pemetaan Multi-rawan Bencana Berbasis GIS dan Identifikasi Kerusakan Ruas Jalan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus: Jalan Parangtritis KM.8 sd KM.12)
Abstract
Peristiwa bencana alam dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi secara akurat, kapan dan dimana peristiwa tersebut akan terjadi dan seberapa besar kekuatan serta dampaknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan tingkat kerawanan bencana pada ruas Jalan Parangtritis KM.8 – KM.12 dengan menggunakan Software ArcGIS, serta mengidentifikasi kerusakan pada ruas jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Pemetaan tingkat kerawanan bencana dilakukan terhadap empat jenis bencana yaitu banjir, amblesan, tanah longsor, dan gempa bumi dengan pendekatan bentanglahan serta metode skoring dan pembobotan. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa bencana yang memiliki potensi tinggi adalah bencana banjir dan amblesan, gempa bumi tingkat kerawanan sedang dan tanah longsor berpotensi rendah, sehingga metode PCI didasarkan pada peta kerawanan bencana banjir sepanjang 1,5 km, karena bencana tersebut adalah bencana yang paling berpengaruh terhadap fungsi ruas jalan dan dapat menganggu kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. PCI yang dilakukan sepanjang 1,5 KM, dimulai dari sta.8+000 s.d sta.9+000 dan sta.11+200 s.d sta.11+700 dan di dapatkan nilai tingkat kerusakan jalan yang berpotensi terhadap kerawanan banjir tinggi sebesar 41,53 (sedang)