KEPUASAAN PASIEN SEBAGAI INDIKATOR MUTU PELAYANAN DAN PREDIKTOR KELUARAN KLINIS DAN KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS DI PELAYANAN PRIMER
Date
2020-10-31Author
Mahanggoro, Tri pitara
Hidayati, Titik
Akrom, Akrom
Metadata
Show full item recordAbstract
Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit menahun yang ditandai dengan peningkatan
kadar gula darah. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi akut
maupun kronik. Diabetes melitus tipe 2 membutuhkan terapi jangka panjang untuk
mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi. Tujuan umum
penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas hidup dan faktor-faktor yang
berhubungan dengan kualitas hidup pasien DM tipe 2 di Puskesmas Jetis 1 Bantul.
Rancangan yang dilakukan adalah penelitian observasional analitik dengan desain cross
sectional. Analisis bivariate terhadap variabel independen dengan uji Chi square, analisi
multivariate dengan logistic regresi. Responden penelitian adalah semua populasi terjangkau
yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 120 orang..Tim Peneliti telah
melakukan rekruitmen subjek, pengambilan data, pengujian produk dan analisis data.Data
hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terapi pasien DM di PKM Jetis
tergolong cukup, dengan tingkat kualitas hidup baik dan kepatuhan terapi cukup baik.
Tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan jumlah obat yang dikonsumsi berhubungan dengan
tingkat kepuasan dan kepatuhan pasien DM. Pendekatan holistic berpusat pada pasien dapat
meningkatkan tingkat kepuasan, keberhasilan terapi dan kualitas hidup pasien DM di
Puskesmas