Pemberdayaan Teknologi Tepat Guna terhadap Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Nilai Penjualan UMKM dan Kualitas SDM Ibu-Ibu PKK Dusun Jetis VII di Tengah Pandemi Covid-19
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia. Kesuksesan UMKM dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pemasaran, teknologi, sumber daya manusia, dan modal. Jadi, salah satu hal yang harus dimanfaatkan oleh UMKM adalah kemajuan teknologi, yaitu sosial media. Sosial media ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasaran UMKM
Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM lebih mandiri dan meningkatkan daya saing. UMKM yang didampingi adalah Usaha Keripik Belut Dua Mawar dan Usaha keripik Tempe 17 yang juga terletak di dusun Jetis VII Sidoagung Godean Sleman. Permasalahan yang dihadapi oleh kedua UMKM antara lain pada 1)aspek pengemasan untuk produk, 2) papan nama usaha maupun rak display produk belum ada, 3) Aspek pemasaran yang masih belum baik, 4) Aspek administrasi keuangan usaha yang belum ada. Solusi yang diberikan berdasarkan pemaparan masalah teresebut antara lain: 1) bantuan alat pengemas produk dan pebuatan label usaha, 2)membantu pembuatan papan nama usaha dan membantu penyediaan rak display produk, 3)Membantu membuatkan media pemasaran secara online serta 4) pendampingan penbuatan administrasi keuangan sederhana. Program ini diharapkan bisa membantu usaha ke dua UMKM tersebut agar berkembang lebih baik dan mengalami peningkatan kapasitas produksi maupun pemasaran. Program ini diharapkan juga memberikan efek multiplier bagi usaha yang sejenis atau usaha yang terkait serta bagi masyarakat sekitar. Disamping program pada UMKM kegiatan KKN kelompok 230 juga membantu ibu ibu PKK dalam beberapa kegiatan yang menunjang kegiatan anak anak dalam belajar pada masa pandemic seperti Pelatihan pembelajaran online kepada anak-anak Dusun Jetis VII juga membantu masyartakat pada kegiatan Budidaya dan sosialisasi tanaman Rosella.