STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENERAPKAN PELAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
Abstract
Dalam meningkatkan nilai integritas suatu instansi atau perusahaan, diperlukan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas agar dapat memajukan dan mengembangkan instansi dan perusahaan tersebut, termasuk perpustakaan. Sumber daya manusia perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para pemustaka guna memenuhi kebutuhan dan keinginan pemustaka tersebut. Namun sayangnya masih ada beberapa pustakawan yang belum memahami penerapan pelayanan prima di perpustakaan, sehingga diperlukan adanya pengembangan sumber daya manusia perpustakaan yang dilaksanakan oleh sebuah instansi. Salah satu perpustakaan yang menerapkan pengembangan sumber daya manusia yaitu perpustakaan perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Perpustakaan UMY selalu berusaha untuk mengembangkan kemampuan dari para pustakawan maupun staf tenaga perpustakaan agar dapat memajukan perpustakaan UMY menjadi perpustakaan perguruan tinggi yang unggul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan sumber daya manusia perpustakaan dalam menerapkan pelayanan prima di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang diterapkan di perpustakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yaitu meliputi studi lanjut pendidikan formal maupun non formal, pelatihan, rotasi, dan penyertaan pada kegiatan kepustakawanan seperti pertemuan ilmiah, seminar, workshop, lomba kepustakawanan, dan call for paper.