Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZ, AKBAR NUR
dc.contributor.authorRAHMATULLAH, AZAM SYUKUR
dc.contributor.authorANJASARI, TITI
dc.contributor.authorJANTI, SITA ANNA
dc.date.accessioned2023-03-31T03:25:43Z
dc.date.available2023-03-31T03:25:43Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/36541
dc.descriptionHomeschooling merupakan alternatif pendidikan dimana siswa belajar tidak perlu datang ke sekolah, melainkan belajar mandiri di rumah didampingi orang tua maupun guru privat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak psikologis siswa dalam proses pembelajaran Homeschooling yang dilihat dari teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme dalam pemebelajaran Homeschooling kurang sesuai, karena menimbulkan efek psikologis seperti keyakinan atas penguasaan yang dimilikinya serta motivasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan. Hal tersebut menjadi hal yang positif karena menghilangkan rasa minder atau tidak percaya diri siswa jika dihadapkan pada sekolah formal dimana siswa akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Namun, efek psikologis lainnya yang ditumbulkan dari pembelajaran Homeschooling ialah siswa menjadi pribadi yang individualis serta kurang rasa sosialnya dengan lingkungan masyarakat.en_US
dc.description.abstractHomeschooling merupakan alternatif pendidikan dimana siswa belajar tidak perlu datang ke sekolah, melainkan belajar mandiri di rumah didampingi orang tua maupun guru privat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak psikologis siswa dalam proses pembelajaran Homeschooling yang dilihat dari teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan teori belajar Sosial Kognitif dan Konstruktivisme dalam pemebelajaran Homeschooling kurang sesuai, karena menimbulkan efek psikologis seperti keyakinan atas penguasaan yang dimilikinya serta motivasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan. Hal tersebut menjadi hal yang positif karena menghilangkan rasa minder atau tidak percaya diri siswa jika dihadapkan pada sekolah formal dimana siswa akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Namun, efek psikologis lainnya yang ditumbulkan dari pembelajaran Homeschooling ialah siswa menjadi pribadi yang individualis serta kurang rasa sosialnya dengan lingkungan masyarakat.en_US
dc.publisherJurnal Ilmu Pendidikan Nonformalen_US
dc.titleEFEK PSIKOLOGIS PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING DALAM PENERAPAN TEORI SOSIAL KOGNITIF DAN KONSTRUKTIVISMEen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Books
    Berisi buku-buku karya dosen UMY yang diterbitkan oleh penerbit selain UMY Press dan buku ajar dosen.

Show simple item record