View Item 
      •   UMY Repository
      • 01. BOOKS
      • Books
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 01. BOOKS
      • Books
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      MANUSIA DALAM TAFSIR AL-MARAGHI, IMPLIKASINYA PADA KONSEP PENDIDIKAN

      Thumbnail
      View/Open
      Buku.pdf (19.60Mb)
      Date
      2015-12-20
      Author
      Madjid, Abd.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Setiap rumusan pendidikan berawal dari konsep dasar manusia dalam berbagai dimensinya, yang merupakan refleksi dari pemikiran-pemikiran dinamis atau kenyataan-kenyataan empirik. Antara konsep dasar pendidikan dan konsep dasar manusia terdapat hubungan yang erat. Tanpa berorientasi pada manusia sebagai acuan dasarnya, rumusan-rumusan teoritis pendidikan akan mengalami stagnasi dan tidak berdaya dalam mengantisipasi perubahan. Praktik-praktik kependidikan tidak pelak lagi pasti akan mengalami kegagalan, kecuali bila dibangun di atas konsep yang jelas mengenai sifat dasar manusia. Konsep manusia menurut al-Qur’an menempati posisi sentral dalam studi Pendidikan Islam. Orang yang ingin mengetahui secara tuntas sistem Pendidikan Islam, ia harus memahami konsep tentang manusia menurut al-Qur’an, sebab manusialah yang mempunyai dominasi terhadap proses pendidikan. Sifat yang sesungguhnya dari sistem Pendidikan Islam dan perbedaannya dengan sistem pendidikan yang lain hanya dapat dipahami dengan semestinya jika konsep tentang manusia dipahami. Pendidikan Islam, yang memiliki ciri khas religius sebagai predikat esensialnya, seharusnya dibangun atas dasar paradigma al-Qur’an tentang manusia.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3677
      Collections
      • Books

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV