PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK KURANG MAMPU BERDASARKAN SPIRITUAL, EMOSIONAL DAN INTELEKTUAL DENGAN MEDIA PUZZLE DI TPA MANUNGGAL BANTUL
Abstract
Puzzerial merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bergerak dibidang penggembangan potensi masyarakat mengenai pendidikan karakter yang bertujuan membangun pribadi dengan karakter yang unggul dikalangan anak usia dini dan sekolah dasar. Puzzle dipilih sebagai media yang cocok untuk membangun karakter karena puzzle adalah salah satu permainan edukatif.
Tujuan utama dari Puzzerial adalah memberikan pendidikan karakter pada anak usia dini dan Sekolah Dasar, bahwa pendidikan karakter bisa diajarkan tanpa disadari dengan berbagai permainan edukatif. Selain itu Puzzerial memiliki manfaat kedepan untuk masyarakat, karena kedepannya anak-anak akan memiliki nilai yang lebih unggul dengan karakter kuat yang dimiliki.
Puzzerial akan mengadakan kegiatan sebanyak enam kali yang dilaksanakan setiap minggu sekali selama dua bulan. Setiap pertemuan akan diadakan permainan edukatif yang telah disesuaikan dengan metode pengembangan karakter berdasarkan spiritual, emosional, dan intelektual. Dibeberapa pertemuan akan ada beberapa output yang dihasilkan oleh anak-anak berupa, puzzle yang mereka buat sendiri. Metode yang digunakan oleh Puzzerial adalah pengenalan puzzle, membuat puzzle, dan evaluasi berupa angket. Kami berharap dengan metode Puzzerial yang kami terapkan akan menumbuhkan karakter-karakter unggulan yang meneruskan ke generasi selanjutnya.
Sebagai kegiatan evaluasi dari metode Puzzerial yang kami terapkan akan ada pembagian angket kepada orang tua anak dan pengajar dengan harapan memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan sebelum dan sesudah anak anak mengikuti kegiatan puzzerial yang telah kami lakukan. Setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan agar anak anak di TPA Manunggal Bantul tumbuh menjadi anak anak dengan pribadi kuat yang unggul