dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.advisor | WAHYUDI | |
dc.contributor.author | HAPSORO, RIO DWI | |
dc.date.accessioned | 2016-10-05T04:34:40Z | |
dc.date.available | 2016-10-05T04:34:40Z | |
dc.date.issued | 2016-07-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4516 | |
dc.description | Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi berbagai bidang
kehidupan, salah satunya bidang transportasi. Sepeda motor adalah salah satu alat
transportasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kondisi
wilayah Indonesia yang bervariasi membuat performa sepeda motor tidak stabil.
Penggantian komponen-komponen pada sistem pengapian dapat membantu
meningkatkan performa sepeda motor, komponen tersebut antara lain Capasitor
Discharge Ignition (CDI), Ignition Coil (Koil), dan Spark Plug (Busi).
Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin 4 langkah 135cc
dengan penggunaan variasi koil standar, koil racing, busi standar, busi
platinum¸dan busi iridium. Pengujian dilakukan dengan alat uji percikan bunga
api busi, dynotest, dan uji jalan. Parameter yang dicari adalah percikan bunga api
busi, torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar.
Hasil hasil pengujian menunjukkan bahwa percikan bunga api yang paling
baik terdapat pada penggunaan busi standar merk NGK dan koil KTC Racing
dengan bunga api berwarna biru tua yang memiliki suhu antara 10000 s.d. 12000
K, torsi dan daya terbesar terdapat pada penggunaan busi platinum merk NGK GPower
dan koil KTC Racing dengan nilai kenaikan torsi sebesar 3,56 % dan nilai
kenaikan daya sebesar 5,21 % dibandingkan dengan kondisi standar (busi dan koil
standar), dan konsumsi bahan bakar paling rendah terdapat pada penggunaan busi
NGK G-Power dan koil KTC Racing dengan nilai kenaikan konsumsi bahan
bakar sebesar 1,05 % dibandingkan dengan kondisi standar ( busi dan koil
standar). | en_US |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi berbagai bidang
kehidupan, salah satunya bidang transportasi. Sepeda motor adalah salah satu alat
transportasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kondisi
wilayah Indonesia yang bervariasi membuat performa sepeda motor tidak stabil.
Penggantian komponen-komponen pada sistem pengapian dapat membantu
meningkatkan performa sepeda motor, komponen tersebut antara lain Capasitor
Discharge Ignition (CDI), Ignition Coil (Koil), dan Spark Plug (Busi).
Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin 4 langkah 135cc
dengan penggunaan variasi koil standar, koil racing, busi standar, busi
platinum¸dan busi iridium. Pengujian dilakukan dengan alat uji percikan bunga
api busi, dynotest, dan uji jalan. Parameter yang dicari adalah percikan bunga api
busi, torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar.
Hasil hasil pengujian menunjukkan bahwa percikan bunga api yang paling
baik terdapat pada penggunaan busi standar merk NGK dan koil KTC Racing
dengan bunga api berwarna biru tua yang memiliki suhu antara 10000 s.d. 12000
K, torsi dan daya terbesar terdapat pada penggunaan busi platinum merk NGK GPower
dan koil KTC Racing dengan nilai kenaikan torsi sebesar 3,56 % dan nilai
kenaikan daya sebesar 5,21 % dibandingkan dengan kondisi standar (busi dan koil
standar), dan konsumsi bahan bakar paling rendah terdapat pada penggunaan busi
NGK G-Power dan koil KTC Racing dengan nilai kenaikan konsumsi bahan
bakar sebesar 1,05 % dibandingkan dengan kondisi standar ( busi dan koil
standar). | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | sistem pengapian, motor bensin 4 langkah, busi platinum¸ koil racing | en_US |
dc.title | KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI 2 JENIS KOIL DAN 4 JENIS BUSI TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 135 CC BERBAHAN BAKAR PREMIUM | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
279 | en_US |