View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI 2 JENIS KOIL DAN VARIASI 4 JENIS BUSI TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 135 CC BERBAHAN BAKAR PERTALITE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (124.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (158.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (157.3Kb)
      ABSTRACT (84.44Kb)
      BAB I (90.93Kb)
      BAB II (637.4Kb)
      BAB III (618.1Kb)
      BAB IV (796.8Kb)
      BAB V (88.13Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (107.0Kb)
      LAMPIRAN (1.406Mb)
      Date
      2016-08-13
      Author
      BIRAWANTO, PANDU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ada beberapa jenis busi dan koil yang digunakan untuk menambah performa sepeda motor. Dari berbagai jenis busi dan koil tersebut memiliki ciri khas dan bentuk masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara eksperimental pengaruh penggunaan variasi 2 jenis koil dan 4 jenis busi terhadap kinerja motor bensin 4 langkah 135 cc menggunakan bahan bakar pertalite. Busi dan koil yang digunakan dalam penelitian ini adalah busi NGK Standar, NGK G-Power Platinum, TDR Ballistic, Denso Iridium, koil standar, dan koil KTC. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan menggunakan alat uji percikan bunga api, dynotest, dan uji konsumsi bahan bakar. Parameter yang diukur adalah besarnya percikan bunga api, daya dan torsi, dan konsumsi bahan bakar yang terpakai. Hasil pengujian bunga api terbesar pada Denso Iridium menggunakan koil KTC yang menghasilkan percikan bunga api paling besar dan stabil dengan temperatur hingga 12000 K. Pada torsi tertinggi terdapat pada busi TDR Ballistic dengan koil KTC yaitu 12,48 N.m pada putaran 6151 rpm, dan daya terbesar pada busi NGK Standar dengan koil KTC yaitu 12,1 Hp pada putaran 7662 rpm. Sedangkan konsumsi bahan bakan bakar terendah terdapat pada busi Denso Iridium yang menghasilkan konsumsi bahan bakar 65,68 km/l dengan penghematan konsumsi bahan bakar sebesar 1,93% dari kondisi busi NGK Standar dengan koil standar
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4526
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV