dc.contributor.advisor | RAHMAWATI, ANITA | |
dc.contributor.advisor | ADLY, EMIL | |
dc.contributor.author | LUZAN, IRWAN FAISAL | |
dc.date.accessioned | 2016-10-07T07:03:57Z | |
dc.date.available | 2016-10-07T07:03:57Z | |
dc.date.issued | 2016-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4573 | |
dc.description | daerah Kabupaten Bantul, saat ini merupakan permasalahan yang sangat
kompleks dan kerugian yang di terima sungguh besar terutama bagi pengendara
jalan, seperti kecelakaan, pengendqra mengerem mendadak karena ada lubang dan
terjadi kecelakaan. Ada kritik dari warga yang meminta untuk melakukan
perbaikan, agar berbagai kerusakan dapat cepat teratasi. Secara umum penyebab
kerusakan jalan yang terjadi di Kabupaten Bantul ada berbagai penyebab yaitu
beban kendaraan yang yang berlebih, genangan air di permukaan jalan yang tidak
dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik dan tertimbun tanah,beban lalu
lintas yang berlebih (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih
pendek dari perencanaan.
Dalam metode PCI (Pavement Condition Index) ini merupakan indeks
numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan
perkerasan dalam kodisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukkan perkerasan
yang sempurna. Metode PCI ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perkerasan
serta menentukan upaya pemeliharaan dan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan jenis dan nilai rata-rata kerusakan pada ruas jalan Siluk Panggang,
Imogiri Barat, Bantul Km. 24+400 s/d 28+400 antara lain : Retak Buaya (2,402
%), Keriting (2,627 %), Amblas (1%), Retak Pinggir (0,36%), Retak Sambung
(0,015%), Pinggir Jalan Turun (0,015%), Retak Memanjang (3,125%), Tambalan
(0,345%), Pengausan Agregat (1,25%), Lubang (0,1%), Sungkur (0,532%), Patah
Slip (0,143%), Mengembang Jembul (0,09%), Pelepasan Butir (1,3%) dengan
nilai PCI rata-rata yaitu 51,83%.
Berdasarkan klasifikasi yang ada yaitu sempurna (excellent), sangat baik
(very good), baik (good), sedang (fair), jelek (poor), dan gagal (failed) kualitas
ruas Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta berada pada level Sedang
(fair). Dengan melihat kondisi pada ruas jalan tersebut, maka perlu dilakukan
pemeriksaan dengan tujuan mencari solusi perbaikan agar dapt memberikan
kenyamanan yang lebih baik terhadap pengguna jalan | en_US |
dc.description.abstract | daerah Kabupaten Bantul, saat ini merupakan permasalahan yang sangat
kompleks dan kerugian yang di terima sungguh besar terutama bagi pengendara
jalan, seperti kecelakaan, pengendqra mengerem mendadak karena ada lubang dan
terjadi kecelakaan. Ada kritik dari warga yang meminta untuk melakukan
perbaikan, agar berbagai kerusakan dapat cepat teratasi. Secara umum penyebab
kerusakan jalan yang terjadi di Kabupaten Bantul ada berbagai penyebab yaitu
beban kendaraan yang yang berlebih, genangan air di permukaan jalan yang tidak
dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik dan tertimbun tanah,beban lalu
lintas yang berlebih (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih
pendek dari perencanaan.
Dalam metode PCI (Pavement Condition Index) ini merupakan indeks
numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan
perkerasan dalam kodisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukkan perkerasan
yang sempurna. Metode PCI ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perkerasan
serta menentukan upaya pemeliharaan dan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan jenis dan nilai rata-rata kerusakan pada ruas jalan Siluk Panggang,
Imogiri Barat, Bantul Km. 24+400 s/d 28+400 antara lain : Retak Buaya (2,402
%), Keriting (2,627 %), Amblas (1%), Retak Pinggir (0,36%), Retak Sambung
(0,015%), Pinggir Jalan Turun (0,015%), Retak Memanjang (3,125%), Tambalan
(0,345%), Pengausan Agregat (1,25%), Lubang (0,1%), Sungkur (0,532%), Patah
Slip (0,143%), Mengembang Jembul (0,09%), Pelepasan Butir (1,3%) dengan
nilai PCI rata-rata yaitu 51,83%.
Berdasarkan klasifikasi yang ada yaitu sempurna (excellent), sangat baik
(very good), baik (good), sedang (fair), jelek (poor), dan gagal (failed) kualitas
ruas Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta berada pada level Sedang
(fair). Dengan melihat kondisi pada ruas jalan tersebut, maka perlu dilakukan
pemeriksaan dengan tujuan mencari solusi perbaikan agar dapt memberikan
kenyamanan yang lebih baik terhadap pengguna jalan | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Analisa, Kerusakan Jalan, Metode Pavement Condition Index | en_US |
dc.title | ANALISA KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
215 | en_US |