Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHMAWATI, ANITA
dc.contributor.advisorADLY, EMIL
dc.contributor.authorLUZAN, IRWAN FAISAL
dc.date.accessioned2016-10-07T07:03:57Z
dc.date.available2016-10-07T07:03:57Z
dc.date.issued2016-08
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4573
dc.descriptiondaerah Kabupaten Bantul, saat ini merupakan permasalahan yang sangat kompleks dan kerugian yang di terima sungguh besar terutama bagi pengendara jalan, seperti kecelakaan, pengendqra mengerem mendadak karena ada lubang dan terjadi kecelakaan. Ada kritik dari warga yang meminta untuk melakukan perbaikan, agar berbagai kerusakan dapat cepat teratasi. Secara umum penyebab kerusakan jalan yang terjadi di Kabupaten Bantul ada berbagai penyebab yaitu beban kendaraan yang yang berlebih, genangan air di permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik dan tertimbun tanah,beban lalu lintas yang berlebih (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Dalam metode PCI (Pavement Condition Index) ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan perkerasan dalam kodisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukkan perkerasan yang sempurna. Metode PCI ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perkerasan serta menentukan upaya pemeliharaan dan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan jenis dan nilai rata-rata kerusakan pada ruas jalan Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Km. 24+400 s/d 28+400 antara lain : Retak Buaya (2,402 %), Keriting (2,627 %), Amblas (1%), Retak Pinggir (0,36%), Retak Sambung (0,015%), Pinggir Jalan Turun (0,015%), Retak Memanjang (3,125%), Tambalan (0,345%), Pengausan Agregat (1,25%), Lubang (0,1%), Sungkur (0,532%), Patah Slip (0,143%), Mengembang Jembul (0,09%), Pelepasan Butir (1,3%) dengan nilai PCI rata-rata yaitu 51,83%. Berdasarkan klasifikasi yang ada yaitu sempurna (excellent), sangat baik (very good), baik (good), sedang (fair), jelek (poor), dan gagal (failed) kualitas ruas Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta berada pada level Sedang (fair). Dengan melihat kondisi pada ruas jalan tersebut, maka perlu dilakukan pemeriksaan dengan tujuan mencari solusi perbaikan agar dapt memberikan kenyamanan yang lebih baik terhadap pengguna jalanen_US
dc.description.abstractdaerah Kabupaten Bantul, saat ini merupakan permasalahan yang sangat kompleks dan kerugian yang di terima sungguh besar terutama bagi pengendara jalan, seperti kecelakaan, pengendqra mengerem mendadak karena ada lubang dan terjadi kecelakaan. Ada kritik dari warga yang meminta untuk melakukan perbaikan, agar berbagai kerusakan dapat cepat teratasi. Secara umum penyebab kerusakan jalan yang terjadi di Kabupaten Bantul ada berbagai penyebab yaitu beban kendaraan yang yang berlebih, genangan air di permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kurang baik dan tertimbun tanah,beban lalu lintas yang berlebih (overloaded) yang menyebabkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Dalam metode PCI (Pavement Condition Index) ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan perkerasan dalam kodisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukkan perkerasan yang sempurna. Metode PCI ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perkerasan serta menentukan upaya pemeliharaan dan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan jenis dan nilai rata-rata kerusakan pada ruas jalan Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Km. 24+400 s/d 28+400 antara lain : Retak Buaya (2,402 %), Keriting (2,627 %), Amblas (1%), Retak Pinggir (0,36%), Retak Sambung (0,015%), Pinggir Jalan Turun (0,015%), Retak Memanjang (3,125%), Tambalan (0,345%), Pengausan Agregat (1,25%), Lubang (0,1%), Sungkur (0,532%), Patah Slip (0,143%), Mengembang Jembul (0,09%), Pelepasan Butir (1,3%) dengan nilai PCI rata-rata yaitu 51,83%. Berdasarkan klasifikasi yang ada yaitu sempurna (excellent), sangat baik (very good), baik (good), sedang (fair), jelek (poor), dan gagal (failed) kualitas ruas Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta berada pada level Sedang (fair). Dengan melihat kondisi pada ruas jalan tersebut, maka perlu dilakukan pemeriksaan dengan tujuan mencari solusi perbaikan agar dapt memberikan kenyamanan yang lebih baik terhadap pengguna jalanen_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectAnalisa, Kerusakan Jalan, Metode Pavement Condition Indexen_US
dc.titleANALISA KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Ruas Jalan Siluk Panggang, Imogiri Barat, Bantul Yogyakarta)en_US
dc.typeThesis SKR FT 215en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record