View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR SEPEDA MOTOR ( Studi Kasus Areal Parkir Sepeda Motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta )

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (109.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (518.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (355.4Kb)
      ABSTRACT (84.86Kb)
      BAB I (162.0Kb)
      BAB II (190.9Kb)
      BAB III (298.4Kb)
      BAB IV (110.4Kb)
      BAB V (563.0Kb)
      BAB VI (87.60Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (197.8Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.381Mb)
      Date
      2016-06-14
      Author
      HARYANTA, DWI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Parkir merupakan tempat pemberhentian kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta merupakan suatu pusat kegiatan dengan bangkitan parkir yang tinggi. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan yang baik agar tidak menimbulkan masalah seperti: antrian, tindakan, kemacetan, dan gangguan terhadap pengguna jalan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akumulasi parkir, konfigurasi parkir, kapasitas ruang parkir, indeks parkir, volume parkir, turnover, kebutuhan ruang parkir, dan headway parkir. Penelitian ini dilakukan selama 2 hari pengamatan yaitu pada hari Rabu, 23 Desember 2015 dan Kamis, 24 Desember 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. dalam penelitian tersebut dilakukan analisis akumulasi parkir, volume parkir, kapasitas ruang parkir, konfigurasi, turnover, indeks parkir, kebutuhan ruang parkir, dan headway. Survei penelitian dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Rabu dan Kamis pada jam 06:00-18:00 WIB. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa akumulasi maksimum parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta pada hari Rabu yaitu sebesar 1.021 kendaraan pada jam 09:45-10:00 WIB sedangkan akumulasi maksimum pada hari Kamis yaitu sebesar 1.001 kendaraan pada jam 10:30-10:45 WIB. Konfigurasi parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta menggunakan pola parkir paralel dan menyudut 900. Kapasitas ruang parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA adalah 1.608 m2 atau dapat menampung 1.072 kendaraan. Indeks parkir sepeda motor pada hari Rabu adalah 95,24% dan hari Kamis adalah 93,4%. Volume parkir maksimum sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta terjadi pada hari Rabu sebesar 1.049 kendaraan sedangkan pada hari Kamis 1.021 kendaraan. Tingkat turnover sepeda motor pada hari Rabu sebesar 1 kendaraan/hari/ruang dan hari Kamis sebesar 1 kendaraan/hari/ruang. Kebutuhan ruang parkir sepeda motor Kampus Terpadu UNISA Yogyakarta pada hari Rabu sebesar 1.531,5 m2 dengan KRP efektif sebanyak 1.021 petak. Nilai headway maksimum pada hari Rabu yaitu 15 menit/kendaraan sedangkan headway pada hari Kamis yaitu 15 menit/kemdaraan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4595
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV