HUBUNGAN KETERLIBATAN PENGASUHAN AYAH DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mengkaji keterlibatan
pengasuhan ayah, 2) mengetahui dan mengkaji tingkat kecerdasan emosional
siswa, 3) mengetahui dan mengkaji hubungan antara keterlibatan pengasuhan
ayah dengan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 108 siswa,
selanjutnya untuk mendapatkan sampel dengan teknik simple random sampling
yang berjumlah 30 responden. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara,
kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product
moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus Pearson
product moment correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Keterlibatan pengasuhan ayah pada
siswa SMA Muhammadiyah Bantul berkategori tinggi pada keseluruhan
indikatornya yang meliputi paternal engagement, accessibility/availibility, dan
resposibility, 2) Kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul
berkategori sedang pada tiga indikator, yaitu; mengenali emosi diri, mengeloa
emosi dan empati. Sedangkan dua indikator lainnya berkategori tinggi, yaitu;
memotivasi diri sendiri dan membina hubungan. 3) Hasil koefisien korelasi
menunjukkan bahwa rhitung (0.490) lebih besar (>) dari rtabel (0.361) yang berarti Ha
diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat hubungan antara
keterlibatan pengasuhan ayah dengan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA
Muhammadiyah Bantul.