KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KITAB MANHAJ at- tarbiyah an-nabawiyah liat-tifl
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan keluarga sesuai dengan hadis-hadis dan sejarah Nabi Muhammad yang terdapat dalam kitab Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyahh li - . Serta mendefinisikan kunggulan dan kelemahan kitab tersebut dan mengkaji relevansi konsep pendidikan anak dalam kitab Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyahh li - dengan praktik pendidikan anak pada zaman sekarang.
Jenis penelitiannya ialah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang obyek utamanya ialah bahan-bahan pustaka meliputi sumber data primer, sekunder dan pendukung. Sedangkan metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis), yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi.
Penelitian ini mendapatkan beberapa kesimpulan yaitu, konsep pendidikan aspek keyakinan terhadap Allah SWT dan akhlak yang baik. Dengan membagi ke dalam tiga tahapan yakni, pendidikan pra kelahiran, pendidikan paska kelahiran, pendidikan hingga usia remaja, arttinya bahwa pendidikan anak mempunyai unsur tiga waktu, sebelum dan sesudah anak itu lahir dan setelah itu anak dididik dari usia balita hingaa usia remaja. Adapun kelebihan buku ini adalah sangat sistematis dan tematik dalam pengambilan dalil, namun kurang analisis mendalam dari penulisnya. Konsep ini juga sangat relevan hal pembentukan karakter anak, sebagaimana yang sudah dibangun di madrasah dan sekolah.