View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA MENURUT MUNIF CHATIB

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (21.23Kb)
      HALAMAN JUDUL (332.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (201.7Kb)
      ABSTRACT (86.72Kb)
      BAB I (370.3Kb)
      BAB II (345.3Kb)
      BAB III (197.5Kb)
      BAB IV (384.9Kb)
      BAB V (10.05Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (297.9Kb)
      LAMPIRAN (264.0Kb)
      Date
      2016-08-30
      Author
      BAHRI, SAMSUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini dilatar belakangi dan berangkat dari fakta bahwa sistem pendidikan di Indonesia (pada umumnya) belum mampu menjadi solusi bagi keterbelakangan sosial dan masyarakatnya, terkhusus bagi para pemuda yang dipersiapkan sebagai generasi pelanjut. Fenomena kenakalan remaja yang disuguhkan media massa menimbulkan tanya sejauh mana pendidikan telah berhasil menjawab tantangan zaman. Salah satu solusi untuk memperbaiki degradasi moral yaitu melalui model pendidikan up to date. Yaitu pendidikan yang mengakomodir potensi kecerdasan manusia yang bersifat jamak (multiple intelligences). Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji teori multiple intelligences yang dikembangkan oleh Munif Chatib. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis buku-buku karangan Munif Chatib, dan mengumpulkan data dari sumber lain yang relevan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pedagogik Psikologi. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analisys dilanjutkan pada deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, desain konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences (perspektif Munif Chatib) di dunia pendidikan secara global meliputi tiga tahap penting, yaitu: input, proses, dan output. Pada tahap input, menggunakan Multiple Intelligences Research (MIR) dalam penerimaan peserta didik barunya. Tahapan yang kedua adalah tahapan pada proses pembelajaran, dimana nantinya gaya mengajar gurunya harus sama dengan gaya belajar peserta didikya. Pada tahap output, dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Kedua, implementasi pendidikan berbasis multiple intelligences sangat relevan diterapkan pada dunia pendidikan dewasa ini baik yang bersifat makro maupun mikro dalam upaya pencegahan kenakalan remaja. Pengembangan pendidikan berbasis multiple intelligences harus mengacu pada jenis kecerdasan peserta didik
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5369
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV