View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BENTUK –TE IKU DAN –TE KURU MAKNA PERGERAKAN (DOUSA)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (136.4Kb)
      ABSTRACT (192.1Kb)
      BAB I (157.8Kb)
      BAB II (523.7Kb)
      BAB III (556.4Kb)
      BAB IV (197.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (72.38Kb)
      PENGESAHAN (57.93Kb)
      Date
      2016
      Author
      RAHMAH, NOVIYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pada berbagai macam situasi, bahasa dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan gagasan pembicara kepada pendengar atau penulis kepada pembaca (Sugihastuti, 2016:3). Penyampaian gagasan harus tepat, sehingga gagasan dapat tersampaikan dengan baik. Tarigan (2011:2) menjelaskan bahwa sebagian besar manusia di bumi ini menggunakan dua bahasa sebagai alat komunikasi. Hal tersebut menyebabkan semakin banyak pembelajar bahasa asing, salah satunya bahasa Jepang. Ada beberapa unsur yang harus dikuasai oleh pembelajar agar mampu menguasai bahasa Jepang, salah satunya adalah pola kalimat. Pola kalimat –te iku dan –te kuru pada bahasa Jepang dalam pengunaannya harus memperhatikan posisi subjek dan objek, sehingga banyak pembelajar bahasa Jepang yang terkecoh dengan penggunaanya. Tidak adanya pola kalimat seperti –te iku dan –te kuru dalam bahasa Indonesia membuat pembelajar bahasa Jepang sering mengalami kesulitan untuk memahaminya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis kesalahan dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes berupa angket yang diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tingkat 3 tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 35 mahasiswa yang telah belajar pola kalimat –te iku dan –te kuru. Kesalahan pada penelitian ini membatasi pada mistake disebabkan karena durasi mistake yaitu temporer atau sementara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tipe kesalahan pembelajar yang muncul dan penyebab terjadinya kesalahan pada penggunaan pola kalimat –te iku dan –te kuru.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6005
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV