dc.contributor.author | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | SYAMSUDIN, SYAMSUDIN | |
dc.date.accessioned | 2016-11-08T06:02:53Z | |
dc.date.available | 2016-11-08T06:02:53Z | |
dc.date.issued | 2016-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6045 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan:(1)untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses
pembelajaran AIK di UMY, (2) untuk mengkaji tingkat kecerdasan emosional dan social
mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan AIK, (3) untuk mengidentifikasi karakter dan
akhlak mulia yang belum dikuasai mahasiswa, dan (4) untuk mengetahui pengaruh
kecerdasan emosi, sosial terhadap akhlak mahasiswa, (5) untuk membuat rancangan
pembelajaran AIK dengan menggunakan pendekatan SEL (Social and Emotional
Learning).
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif ekspos facto. Penelitian mixed
method ini bercorak diskriptif analitis. Penelitian ini menggunaakan pendekatan IPO
(Input, Proses, dan Produk), karena terdapat perbedaan pemahaman agama dari responden
dalam situasi yang berbeda-beda. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di UMY pada
fakultas yang mengajarkan AIK I yang berisi materi aqidah akhlak. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Subyek dalam
penelitian ini terdiri dari 8 dosen AIK dan 152 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi,
Hukum, Fisipol, Teknik, Pertanian, Kedokteran Ilmu Kesehatan, Pendidikan Bahasa dan
Agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket,
observasi , wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan
dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi. Sedangkan kredibilitas data
kualitatif dilakukan dengan menerapkan teknik triangulasi data. Teknik analisis kualitatif
mengikuti tahapan dari Miles dan Hubarman, meliputi: kategorisasi data, reduksi data,
display data, triangulasi data.
Hasil Penelitian: (1) Pelaksanaan pembelajaran AIK yang selama ini diterapkan di
UMY sudah berjalan dengan cukup baik. (2) kecerdasan emosional dan social
mahasiswa kemampuan yang paling baik adalah dimensi kepedulian sosial dan
kesadaran diri, yang masuk kategori sedang adalah kemampuan manajemen diri dan
tanggung jawab sosial, dan yang paling rendah adalah kemampuan menjalin hubungan
baik dengan orang lain. (3) Akhlak mahasiswa yang masih tergolong rendah adalah
pergaulan antar muhrim, penggunaan busana yang ketat, boncengan dengan lain
muhrim, menyontek, berat menjalankan sholat dhuha dan tahajut, rendahnya kebiasaan
membaca al Qur’an, masih suka membangkang orang tua, dan masih suka berbohong.
Sedangkan akhlak yang sudah baik meliputi sikap percaya diri, keaktifan mengikuti
organisasi mahasiswa, tingginya sikap birrul walidain. (4) Ada pengaruh kecerdasan
emosi dan sosial terhadap akhlak mahasiswa UMY. (5) Inovasi strategi pembelajaran
AIK dengan pendekatan SEL perlu dilakukan di UMY dengan cara melakukan inovasi
model pembelajaran yang lebih bersifat problem solving dan mensingkronkan materi
AIK dengan program KIAI serta pendampingan PAI. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan:(1)untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses
pembelajaran AIK di UMY, (2) untuk mengkaji tingkat kecerdasan emosional dan social
mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan AIK, (3) untuk mengidentifikasi karakter dan
akhlak mulia yang belum dikuasai mahasiswa, dan (4) untuk mengetahui pengaruh
kecerdasan emosi, sosial terhadap akhlak mahasiswa, (5) untuk membuat rancangan
pembelajaran AIK dengan menggunakan pendekatan SEL (Social and Emotional
Learning).
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif ekspos facto. Penelitian mixed
method ini bercorak diskriptif analitis. Penelitian ini menggunaakan pendekatan IPO
(Input, Proses, dan Produk), karena terdapat perbedaan pemahaman agama dari responden
dalam situasi yang berbeda-beda. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di UMY pada
fakultas yang mengajarkan AIK I yang berisi materi aqidah akhlak. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Subyek dalam
penelitian ini terdiri dari 8 dosen AIK dan 152 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi,
Hukum, Fisipol, Teknik, Pertanian, Kedokteran Ilmu Kesehatan, Pendidikan Bahasa dan
Agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket,
observasi , wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan
dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi. Sedangkan kredibilitas data
kualitatif dilakukan dengan menerapkan teknik triangulasi data. Teknik analisis kualitatif
mengikuti tahapan dari Miles dan Hubarman, meliputi: kategorisasi data, reduksi data,
display data, triangulasi data.
Hasil Penelitian: (1) Pelaksanaan pembelajaran AIK yang selama ini diterapkan di
UMY sudah berjalan dengan cukup baik. (2) kecerdasan emosional dan social
mahasiswa kemampuan yang paling baik adalah dimensi kepedulian sosial dan
kesadaran diri, yang masuk kategori sedang adalah kemampuan manajemen diri dan
tanggung jawab sosial, dan yang paling rendah adalah kemampuan menjalin hubungan
baik dengan orang lain. (3) Akhlak mahasiswa yang masih tergolong rendah adalah
pergaulan antar muhrim, penggunaan busana yang ketat, boncengan dengan lain
muhrim, menyontek, berat menjalankan sholat dhuha dan tahajut, rendahnya kebiasaan
membaca al Qur’an, masih suka membangkang orang tua, dan masih suka berbohong.
Sedangkan akhlak yang sudah baik meliputi sikap percaya diri, keaktifan mengikuti
organisasi mahasiswa, tingginya sikap birrul walidain. (4) Ada pengaruh kecerdasan
emosi dan sosial terhadap akhlak mahasiswa UMY. (5) Inovasi strategi pembelajaran
AIK dengan pendekatan SEL perlu dilakukan di UMY dengan cara melakukan inovasi
model pembelajaran yang lebih bersifat problem solving dan mensingkronkan materi
AIK dengan program KIAI serta pendampingan PAI. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | EVALUASI AIK | en_US |
dc.subject | SEL | en_US |
dc.subject | KARAKTER | en_US |
dc.subject | AKHLAK MULIA | en_US |
dc.title | EVALUASI PEMBELAJARAN AIK DENGAN PENDEKATAN SOCIAL EMOSIONAL LEARNING (SEL) DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN AKHLAK MULIA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |